Wujudkan Kalsel Cerdas, Trail Angkut Buku Bacaan dari Perpus Masuk Desa Hingga Pelosok

Selain mobil dan bus yang biasa mengangkut buku masuk kesejumlah daerah di Kalsel, kini Perpustakaan dan Kearsipan (Dispursip) Provinsi Kalsel menambah armada menggunakan trail agar bisa masuk kepelosok.

Bertempat di kantor Dispersip provinsi Kalsel di KM 6, di Jalan Ayani petugas dan staf karyawan dengan motor trail membonceng buku-buku bacaan siap dibawa kesekolah dan perpustakaan daerah pelosok.

Kepala Dispersip Kalsel Dra,Hj Nurliani, M.Ap, mengatakan salah satu upaya dalam menggiatkan budaya membaca buku-buku ke daerah.

Trail pustaka Dispersip siap bergerak naik gunung turun lembah dan masuk ke pelosol desa yang tak terjangkau dilewati roda empat demi wujudkan Kalsel cerdas.

“Melintas jalanan perkotaan dan masuk ke pelosok desa tak masalah, transportasi segala medan ini tak mengenal halang rintang dan bisa dengan mudah sampai di tempat tujuan,sebab masyarakat terpencil dan terisolir karena faktor geografis, berhak mendapatkan layanan perpustakaan secara khusus,” katannya Senin (5/8/2019)

Ditambahkannya, kendaraan dalam perpustakaan keliling yang digunakan Dispersip prov kalsel untuk mencapai pelosok ada beberapa diantarannya, 5 Bus, 3 Mobil Hilux dan 4 motor trail.

“Contoh seperti ke sekolah-sekolah di handil yang jalan dan jembatan tidak bisa dilalui mobil perpustakaan, karena jalannya kecil motor trail yang kesana,” ucap Nurliani.

Bustami salah seorang staf perpustakaan yang sering membawa buku dengan motor trail mengatakan, untuk menuju sekolah atau perpustakaan kadang melalui jalan setapak persawahan, baju dan celana kotor hal yang biasa.

“Meski Badan terasa lelah kadang terbayarkan ketika sampai tujuan dimana anak-anak antusias untuk melihat buku yang dibawa di box belakang motor tersebut,” katannya.(azka)

 

sumber : klikkalsel.com