Wujud Sinergi untuk Negeri, Dispersip Jalin Kolaborasi Sukseskan TMMD

Tabalong-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-110 Kodim 1008/Tanjung sebagai bentuk wujud kebersamaan dan bangkitkan semangat gotong royong. Kegiatan TMMD bukan hanya untuk membangun infrastruktur saja, melainkan sebagai bentuk wujud sinegritas TNI dan masyarakat guna mewujudkan pembangunan di kawasan terisolir.

Hal tersebut terlihat saat warga Desa Lok Batu Tanjung bersama Satgas TMMD Reguler Ke-110 Kodim 1008/Tanjung melaksanakan kerja bersama-sama dan bergotong-royong. Dalam rangka kegiatan TMMD ke 110, Dispersip Kalsel dan Dispersip Kab Tabalong, lakukan anjangsana dan silaturahmi kepada jajaran Kodim 1008/Tanjung.

Silaturahmi ini dipimpin langsung Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie didampingi Kasi Pelayanan dan Kearsipan Perpustakaan Dispersip Kalsel Hj Ermawati A.Md, serta Kabid Perpustakaan dan Kearsipan Kab Tabalong Yumilda Triningsih, SH dan Sekretaris Perpustakaan Kab Tabalong H. Abdul Syarif Mirza, MH, serta beberapa staf.

Kedatangan Kadispersip beserta rombongan disambut hangat Komandan Kodim 1008/Tanjung (Dandim) Letkol Inf. Ras Lambang Yudha, S.Sos, dan jajaran Makodim. “Silaturahmi ini sekaligus ikut mensukseskan TMMD ke 110 TA 2021, semoga TNI Profesional dan Kebanggaan Rakyat,” tegas Bunda Nunung.

Dandim Letkol Inf Ras Lambang Yudha, S.Sos, dan jajaran Makodim sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dispersip Kalsel dan Dispersip Kab Tabalong atas bantuannya ikut berpartisipasi mensukseskan TMMD ke 110 TA 2021 di Kodim 1008/Tanjung.

Dandim menyampaikan bahwa “Pelaksanaan TMMD ke 110 ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah daerah guna percepatan pembangunan dan kemajuan daerah khususnya di Kab. Tabalong” dan TMMD merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama Instansi pemerintah dan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan semangat kebangsaan, kesadaran bela negara dan disiplin nasional.

Terpisah, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan dengan adanya program TMMD ini tercipta akselerasi kecepatan pembangunan daerah, selain itu membuka daerah-daerah yang terisolir maka akan terciptanya kesejahteraan rakyat.

Sementara itu Bunda Nunung mengaku, pihaknya dan Dispersip Kab Tabalong siap ikut berperan mensukseskan TMMD ke 110 TA 2021 sekaligus lakukan upaya peningkatan promosi literasi serta mencerdaskan masyarakat desa, perairan dan pesisir, ujar ibu cantik dan energik ini.

Bahkan guna mendukung kegiatan tersebut, ia menurunkan armada pusling dan trail yang akan di kerahkan ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tabalong.

Tim Dispersip Kalsel dengan menerjunkan duapertiga armada perpustakaan keliling (Pusling), dan Trail Pustaka ke Kabupaten HSS dan Tabalong .
Sementara sepertiga lagi tetap keliling Rutan, Lapas dan Panti-panti sosial,” beber Bunda Nunung.
Ditambahkannya bahwa Dispersip Kalsel berkolaborasi dengan Dispersip Kab Tabalong, bebernya.

Usai silaturahmi, rombongan melanjutkan peninjauan langsung ke lokasi TMMD di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong sekalian melihat kegiatan Perpustakaan Keliling (Pusling) dan Trail Pustaka.

Di lokasi TMMD, Bunda Nunung menyadari kualitas sumber daya manusia (SDM) menentukan pembangunan dalam memujudkan masyarakat Indonesia yang maju dan sejahtera. Kami berharap, dapat mendorong masyarakat mencintai budaya lokal melalui membaca buku. Serta menjadikan perpustakaan sebagai sahabat dan sumber ilmu pengetahuan,” tegasnya.

“Semoga ke depan, kerjasama antara Dispersip kabupaten dengan provinsi akan berjalan dengan baik. Diharapkan kepada pustakawan, walupun kita terbatas dengan anggaran, yang harusnya tetap dalam menjalankan tugasnya dan tidak ada kegiatan yang terhenti,” pesannya. Kegiatan tetap mengedepankan protokol kesehatan covid-19 dan menggunakan masker, pungkasnya.

Di lokasi TMMD Kapten ARM Rikin selaku Dan SSK TMMD ke 110 Kodim 1008/Tanjung mengajak menjadikan membaca kebiasaan di tengah masyarakat dimulai sejak dini, menurutnya rendahnya kesadaran membaca masyarakat Indonesia turut menarik perhatian mereka.

Guna menanamkan gemar membaca sejak usia dini, pada pelaksaan kegiataan TMMD ke 110 di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong, Satgas TMMD menggelar sosialisasi pengembangan minat budaya baca kepada anak anak di Halaman SDN 1 Lok Batu dengan menggunakan Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling).

Sementara itu, sinegritas dan soliditas Dispersip  – TNI dan masyarakat ternyata bukan sebagai slogan semata, hal ini diwujudkan oleh sejumlah prajurit TNI dan Dispersip serta masyarakat yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 Kodim 1008/Tanjung.

Sejak dibukanya TMMD Reguler Ke-110 di Desa Lok Batu Tanjung, Dispersip dan sejumlah anggota TNI berasal dari beberapa kesatuan telah dikerahkan guna mendukung dan membantu terlaksananya program TMMD Reguler Ke-110 di Desa Lok Batu Tanjung.

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Surat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan nomor 041/6853/DISPERSIP, Rabu 23 Desember 2020 terkait sinergitas sekaligus kolaborasi Dispersip dan TNI lingkup Kalimantan Selatan kepada Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Sumber:Liputan4.com