Wisata Literasi Pengunjung Setia Perpustakaan Anak Palnam

Perpustakaan Palnam di Jalan Ahmad Yani Kilometer 06 Banjarmasin, kembali buka setiap hari usai lebaran, yang senantiasa menerima banyak pemustaka dan keluarga yang membawa anak untuk berwisata literasi.

Pusat sumber belajar di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) ini, selain menyediakan layanan perpustakaan umum dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai layanan lainnya bagi masyarakat, juga terdapat perpustakaan anak, yang terdapat banyak permainan edukasi dan buku bergambar, untuk mengenalkan dunia literasi pada buah hati sejak dini.

Salah satu pengunjung setia kids library bernama Muhammad Keenan Melviano Pratama, hampir setiap akhir pekan memanfaatkan fasilitas milik pemerintah ini untuk bermain dan membaca buku.  “Sejak ia bayi sampai sekarang, saya ajak rutin ke sini, minimal sebulan sekali untuk menemani mereka bermain sambil mengenalkan perpustakaan,” ungkap orang tuanya, Lulu, saat dimintai tanggapan, Ahad (30/5/2021).

Didampingi oleh kedua orang tuanya dan kakaknya, semuanya terlihat asyik bermain, hingga diajak membaca buku, sambil menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan.

Walaupun harus menempuh perjalanan dari Kota Banjarbaru, tidak menurunkan semangat orang tua Keenan yang datang  bersama saudara sepupunya untuk membawa anak-anak.  “Senang ke sini, karena tempatnya yang bersih dan nyaman dengan pendingin ruangan, ditambah pelayanannya ramah,” ujar Lulu.

Usai Bulan Ramadan dan perayaan Idulfitri lalu, jam operasional layanan di akhir pekan kembali diperpanjang, yakni di hari Sabtu dan Ahad buka pukul 09.00 sampai 17.00 WITA, serta tutup setiap hari libur nasional.

jurnalkalimantan.com