Webinar Penyelamatan Arsip Akibat Bencana Akan Diadakan Dispersip Kalsel

Bencana banjir di banyak daerah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan berdampak pada arsip pemerintah kota atau kabupaten.

Berdasarkan hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel akan mengambil langkah strategis dan tindakan preventif penyelamatan arsip dari bencana, sesuai amanat di UU 43 Tahun 2009.

“Kami menggandeng Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menyelenggarakan webinar penyelamatan arsip akibat bencana yang Insya Allah akan digelar Maret 2021 ini,” ucap Nurliani, Kepala Dispersip Kalsel, Senin (1/3/2021).

Webinar Nasional Penyelamatan Arsip Pasca Bencana ini sangat penting untuk merespons secara cepat dalam menanggulangi kerusakan arsip akibat bencana. Sekaligus, mengantisipasi bila terjadi bencana lagi.

“Arsip sangatlah penting bagi kehidupan bermasyarakat, bangsa dan negara. Dan arsip  menunjukkan hak-hak keperdataan rakyat, sehingga keberadaannya harus diamankan, dilindungi dan diselamatkan,” imbuhnya.

Webinar penyelamatan arsip akibat bencana akan menghadirkan Direktur Preservasi ANRI, Kandar, dan Koordinator Kelompk Subtansi Restorasi Arsip ANRI, Suwarto.

Sumber:banjarmasin.tribunnews.com