Upaya Dispersip Kalsel Tingkatkan Literasi Hingga Ke Daerah Pelosok

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menunjukkan upaya masif dalam meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat yang berada di daerah pelosok.

“Beberapa tahun terakhir ini kami terus menerus secara masif turun ke desa-desa, lembah-lembah, ke gunung dan sungai untuk meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di daerah pelosok,” kata Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, Tanah Laut, Rabu (25/11/2020).

Untuk bisa menjangkau tempat yang lebih jauh lagi terutama melalui jalur perairan seperti sungai, Nurliani mengatakan bahwa pada tahun 2021 mendatang Dispersip Kalsel akan bekerja sama dengan Korem 101/Antasari.

“Untuk tahun 2021 nanti, khusus wilayah perairan kami akan bekerja sama dengan Korem 101/Antasari. Nanti Dandim 101/Antasari akan menginstruksikan pasukannya yang ada di perairan dengan perahu pustakanya dan kami akan mendukung untuk buku-bukunya, sehingga beban Dispersip agak ringan,” tutur Nurliani.

Diakui Nurliani, selama ini pihaknya mengalami cukup kesulitan untuk menjangkau jalur perairan dikarenakan fasilitas yang belum memadai.

Dia pun berharap kerja sama dengan Korem 101/Antasari bisa memudahkan Dispersip Kalsel dalam melayani masyarakat di daerah pelosok.

“Selama ini kami melaksanakannya sendiri, namun nanti jika kami bekerja sama sama dengan Korem 101/Antasari akan lebih mudah dan masyarakat bisa lebih sering terlayani,” pungkas Nurliani.

diskominfomc.kalselprov.go.id