Trail Literasi Rambah Pemustaka Merambah ke Pelosok Pedesaan Yang Tak Terjangkau

Bertempat di kantor sekretariat dinas perpustakaan dan kearsipan atau Dispersip provinsi Kalsel petugas dan staf karyawan mempersiapkan buku bacaan yang akan dibawa untuk dibaca pemustaka cilik.

Literasi atau buku bacaan diangkut berkeliling tetapi tidak menggunakan bus perpustakaan keliling melainkan dengan roda dua atau trail. Digunakannya transportasi roda dua ini akan merambah pelosok pedesaan yang tak terjangkau armada roda empat yang sudah dimiliki dinas perpustakaan dan hari ini mereka mendatangi sekolah yang berada di kecamatan Gambut kabupaten Banjar, Kamis (20/06/2019).

Melintasi jalanan perkotaan dan masuk ke pelosok desa transportasi segala medan ini tak mengenal halang medan dan bisa dengan mudah sampai di tempat tujuan.

Sesampainya di SDN Banyu Hirang jalan Handil Kalua desa Banyu Hirang Gambut kabupaten Banjar, buku bacaan yang diangkut petugas sekejap langsung diserbu pemustaka cilik yang saat ini istirahat sekolah. Perpustakaan trail ini baru pertama kalinya pernah singgah di sekolah ini dan tentu sangat membantu warga desa yang haus buku bacaan.

“Baca buku dari perpustakaan trail dan ini baru pertama kali seperti ini,” ujar Syahril salah satu siswa pemustaka.

“Baru kali ini syukur alhamdulillah apalagi mobil sulit masuk, beli buku terbaru ngga bisa jua tapi alhamdulillah ada ini, harapannya bisa sebulan atau setengah bulan sekali,” tambah Salfiah kepala satuan pendidikan Banyu Hirang.

Layanan trail literasi di perpustakaan pal enam sendiri memiliki empat buah armada dan disiagakan dihari kerja Senin hingga Jumat. “Ini dibagi masing-masing kabupaten, setiap hari dijadwalkan ke daerah pelosok yang tak bisa dijangkau roda 4,” tutup Husnul Khatimah staf pelayanan Dispersip Kalsel.

Direncanakan, armada yang mampu menembus segala medan ini akan dijadwalkan mengelilingi daerah kabupaten se Kalimantan Selatan secara bertahap.

Reporter: Fadli Rizki – Elsa Pratiwi

Sumber : dutatv.com