Topang Literasi Di Daerah, Dispersip Kalsel Pinjamkan Mobil Pusling

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menyerahkan pinjam pakai satu unit mobil perpustakaan keliling (MPK) beserta 500 eksemplar buku kepada Dispersip HSU, Rabu. Mobil Pepustakaan keliling ini guna menopang gerakan literasi di daerah dengan memberikan layanan kepada pemustaka untuk peningkatan kegemaran membaca masyarakat.

Penyerahan unit MPK langsung diberikan Kepala Dispersip Kalsel Dra Hj Nurliani Dardie kepada Bupati HSU H Abdul Wahid HK. Sebelumnya surat permohonan Bupati HSU kepada Gubernur Kalsel mendapat telaahan dari Kadispersip, Asisten dan Sekretaris Daerah, maka pinjam pakai MPK beserta buku mendapat persetujuan dari Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor.

Nurliani mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kegiatan program promosi minat baca, salah satunya adalah mendekatkan buku ke tengah masyarakat. “Pinjam pakai MPK beserta buku merupakan terobosan Dispersip Kalsel untuk lebih mendekatkan buku ke tengah masyarakat,” ujar Kadispersip Kalsel.

Pinjam pakai MPK dan buku bacaan, selanjutnya pihak Dispersip HSU menganggarkan operasional dan pemeliharaan MPK yang diberikan. “Setiap 3 bulan sekali dilakukan pertukaran buku dengan judul yang berbeda, sehingga variatif buku bacaan di MPK akan lebih dinikmati oleh pemustaka yang dikunjungi unit keliling ini,” kata mantan Kadispersip Banjarbaru ini.

Sementara itu, Bupati HSU Abdul Wahid HK mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalsel atas persetujuan pinjam pakai MPK dan buku, akan lebih memotivasi meningkatkan minat baca dan menyukseskan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial. Dia menuturkan guna mempromosikan minat baca di HSU, unit MPK ini akan mengunjungi sekolah-sekolah, Pondok pesantren, desa, kecamatan, komunitas baca di kota dan pelosok HSU secara terjadwal. “Mungkin suatu saat nanti dapat dihibahkan Gubernur Kalsel kepada Pemkab HSU untuk meningkatkan minat baca di HSU,” ujar Bupati HSU.

jejakrekam.com