TMMD, Bentuk Sinergitas Antara Dispersip Dan TNI

Upacara pembukaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-110 Kodim 1003/Kandangan bertempat di Ruang Data Makodim 1003/Kandangan dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” resmi dibuka , Selasa (02/03/21).

Turut hadir dalam pembukaan TMMD, Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Drs H Achmad Fikry M.AP didampingi Wakil Bupati Syamsuri Arsyad S.AP, Komandan Korem 101/Antasari (Danrem) Brigjen TNI Firmansyah, Kasiter Korem 101/Antasari Kolonel Kav Shidu Hanggara, Komandan Kodim (Dandim) 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono S.I.P,  Perwakilan Polres Kandangan, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi kalimantan Selatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP,  Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Tajiddin noor, S.SOS.M.IP, Danramil 1003-04 Kandangan Kapten TNI Cpl Marhani, Unsur Forkopimda Kabupaten HSS dan tamu undangan lainnya.

Pelaksanaan pembukaan TMMD Reguler Ke-110 T.A 2021 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana pembukaan TMMD biasanya dilaksanakan dengan kegiatan upacara di lapangan terbuka, akan tetapi dikarenakan situasi pandemi Covid-19 dan sesuai dengan instruksi dari Mabes TNI bahwa untuk pembukaan TMMD Reguler Ke-110 ini dilaksanakan secara sederhana.

Usai Pembukaan di Makodim Kandangan  rombongan undangan dilanjutkan meninjau lokasi TMMD di Desa Pariangan berupa pembuatan jalan, rehap rumah, perbaikan mushola, kegiatan perpustakaan dan giat sosial lainnya.

Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah mengatakan dengan adanya program TMMD ini tercipta akselerasi kecepatan pembangunan daerah, selain itu membuka daerah-daerah yang terisolir maka akan terciptanya kesejahteraan rakyat.

Di lokasi TMMD, Komandan Kodim 1003/Kandangan Letkol Arm Dedy Soehartono S.I.P  menyampaikan, bahwa TMMD merupakan suatu program dan kegiatan TNI bersama Instansi pemerintah dan masyarakat untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan semangat kebangsaan, kesadaran bela negara dan disiplin nasional.

Lebih lanjut Kadispersip Kalsel Hj Dra Nurliani Dardie M.AP, biasa disapa Bunda Nunung mengatakan Dispersip Palnam dibagi Dua Tim.

Sementara Tim Satu di Komando Bunda Nunung, di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Desa Paringan Kecamatan Padang Batung, sedangkan Tim Dua Di Pimpin Sekretaris Dispersip Kalsel DR M Ramadhan SE, ME, AK, CA, di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong.

Lokasi TMMD Kabupaten Tabalong sebenarnya sasaran ada Lima Desa, namun pada hari ini dilaksanakan di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai Kabupaten Tabalong

Program TMMD ke-110 Kodim 1003/Kandangan kali ini berbeda, biasanya TMMD melaksanakan sasaran fisik, berkolaborasi dengan Dispersip Kalsel dan Dispersip HSS armada perpustakaan keliling hadir di lokasi TMMD.

TMMD ke-110 di Desa Pariangan, Padang Batung, HSS, berlangsung selama 30 hari, dimulai 2 Maret sampai 31 Maret 2021.

Dukungan armada perpustakaan keliling dan trail pustaka Dispersp Kalsel dan Dispersip HSS ini menyasar anak-anak dan warga desa Pariangan, Kecamatan Padang Batung dan sekitarnya.

Sementara itu Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke -110 dilaksanakan di Halaman Pendopo Bersinar Kelurahan Pembataan Kabupaten Tabalong dengan jumlah tamu undangan terbatas guna untuk menerapkan protokol kesehatan.

Usai pembukaan, dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi TMMD di Desa Lok Batu Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Selain peninjauan sasaran utama yaitu pembuatan jalan, rombongan juga meninjau lokasi pembuatan jembatan, pembangunan pagar mushola, pos komando Taktis (Kotis) dan pelaksanaan donor darah.

Dalam kegiatan fisik, mengutamakan membangun infrastruktur, sarana dan prasarana yang betul-betul menjadi kebutuhan dan menyentuh langsung kepentingan masyarakat. Kegiatan fisik yang dilakukan tentu juga bermanfaat untuk membantu membuka isolasi daerah terpencil, dengan membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran hasil bumi dan produk-produk yang ada di desa, guna mendukung pertumbuhan roda perekonomian masyarakat pedesaan.

Sedangkan sasaran non fisik TMMD juga diarahkan untuk meningkatkan wawasan dan semangat kebangsaan masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta kesadaran bela Negara, sehingga mampu mengunggah semangat persatuan dan kesatuan Bangsa.

Sementara itu Kasrem 101/Ant juga menyampaikan bahwa “Pelaksanaan TMMD ke 110 ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah daerah  guna percepatan pembangunan dan kemajuan daerah khususnya di Kab. Tabalong,” ujarnya.

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Bunda Nunung mengaku, pihaknya siap ikut berperan mensukseskan TMMD ke 110 TA 2021 sekaligus lakukan upaya peningkatan promosi literasi serta mencerdaskan masyarakat desa, perairan dan pesisir. Bahkan guna mendukung kegiatan tersebut, ia menurunkan armada pusling dan trail yang akan di kerahkan ke Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tabalong.

Tim Dispersip Kalsel dengan menerjunkan duapertiga armada perpustakaan keliling (Pusling), dan Trail Pustaka ke Kabupaten HSS dan Tabalong Sementara sepertiga lagi tetap keliling Rutan, Lapas dan Panti-panti sosial,” beber Bunda Nunung. Ditambahkannya bahwa Dispersip Kalsel berkolaborasi dengan Dispersip Kandangan Tabalong, pungkasnya.

Diketahui, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Surat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan nomor 041/6853/DISPERSIP, Rabu 23 Desember 2020 terkait sinergitas sekaligus kolaborasi Dispersip dan TNI lingkup Kalimantan Selatan kepada Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Sumber:Liputan4.com