Tingkatkan Sarana Perpustakan Balangan, Dispersip Kalsel Pinjamkan 1.000 Buku

Guna menambah koleksi bahan bacaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provisi Kalimantan Selatan (Kalsel), meminjamkan bantuan buku Layanan Terpadu Perpustakaan (LTP) ke Perpustakaan Balangan, kamis (01/10/2020).

Kurang lebih 1.000 eksemplar buku yang diserahkan, terdiri dari berbagai macam klasifikasi, untuk dipinjamkan selama 3 hingga 6 bulan, dan akan diganti dengan judul buku yang baru. “Tergantung kebutuhan mereka, bisa di ambil langsung ke Perpustakaan Palnam dan bisa pula kami yang antarkan,” papar Hj. Nurliani, Kepala Dispersip Kalsel melalui siaran persnya kepada jurnalkalimamtan.com

Selain untuk menambah sarana perpustakaan, peminjaman buku ini juga atas permintaan Perpustakaan Kabupaten Balangan sejak beberapa bulan lalu, untuk meningkatkan minat baca masyarakat. “Baru pertama kalinya dan kebetulan atas permintaan tertulis Perpustakaan Kabupaten Balangan. Biasanya kami LTP di sekolah, lapas dan lainnya,” tambah Bunda Nunung, sapaan akrab Kadispersip Kalsel.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan Balangan, Drs.Mahyudin, M.Pd., mengaku bersyukur dan bahagia atas kedatangan Kadispersip Provinsi Kalsel dan rombongan, dengan membawa bantuan bahan bacaan, karena di situasi pandemi Covid-19, pihaknya mengalami kekurangan anggaran untuk menambah buku baru. “Tetap optimis dengan memberdayakan sumber daya yang ada, kami telah merencanakan peningkatan sarana dan pelayan kepada masyarakat”, paparnya kepada jurnalkalimantan.com saat diwawancarai lewat whatsapp.

Selain itu, pihaknya berharap Dispersip Kalsel dapat terus mendorong kemajuan dunia perpustakaan dan literasi di daerah, seperti melalui Perpustakaan Balangan.

jurnalkalimantan.com