Tingkatkan Minat dan Layanan Perpustakaan, Dispersip Kalsel Gelar Workshop

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak lakukan upaya peningkatan minat baca serta pengembangan layanan perpustakaan.

Tidak ingin mandek di tempat, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan, Dra Hj Nurliani, MAP ambil langkah cepat dengan mengadakan workshop bertajuk “Manajemen Perpustakaan Berbasis Informasi Teknologi.”

Workshop ini diperuntukan untuk pejabat, pustakawan dan pengelola perpustakaan yang berada di lingkup Dinas Perpustakaan se Kalimantan Selatan. Gelaran workshop ini akan dilaksanakan pada 24 hingga 25 Februari 2021 di Ballroom Hotel Rattan Inn Banjarmasin Jalan A Yani Km 5,7, Pemurus Dalam, Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan akan diikuti 75 peserta. Workshop akan disampaikan langsung oleh dua Pejabat di Perpustskanaan Nasional RI.

Adapun tujuan dari pelaksanaan ini, menurut Nurliani yaitu sebagai langkah untuk semakin mengembangkan layanan perpustakaan di era modern dengan informasi teknologi yang berkembang cepat. “Saya rasa, ini adalah saat yang seharusnya Perpustakaan Daerah berubah meninggalkan sistem konvensional ke sistem digital yang berbasis informasi teknologi dan diikuti dengan peningkatan kinerja pustakawan,” pungkas Nurliani, Sabtu (20/2/2021).

Dengan perubahan ini, diharapkan dapat menarik minat baca dan semakin meningkatkan kesukaan kaum milenial terhadap dunia perpustakaan. “Ini juga merupakan salah satu bentuk mencerdaskan kehidupan bangsa, baik secara formal maupun pendidikan di sektor prioritas dalam pembangunan,” tuturnya.

Dirinya berharap, melalui workshop perpustakaan daerah di Kalimantan Selatan bisa mencapai tujuan yang diharapkan serta pengembangan layanan perpustakaan dari alokasi dana APBD maupun DAK Perpusnas RI.

sumber:banjarmasin.tribunnews.com