Tingkatkan Literasi Masyarakat Pedesaan, Dispersip Kalsel Gandeng Kodim 1006/MTP

Guna mempermudah promosi literasi kepada masyarakat di pedesaan dan pesisir Banua, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan menjalin sinergitas dengan Kodim 1006/MTP.

Kadispersip Kalsel, Nurliani, mengatakan sinergitas Dispersip dengan TNI-Polri ini merupakan yang pertama kali dilakukan. “Kalaupun selama ini kami sudah bergerak, namun masih bergerak sendiri-sendiri. Jadi, alangkah baiknya jika di tahun 2021 dan seterusnya kami bersinergi supaya hasilnya lebih maksimal,” kata Nurliani saat berkunjung ke Makodim 1006/MTP, Kabupaten Banjar, Selasa (5/1/2021).

Terkait teknis di lapangan, lanjut Nurliani, Dispersip Kalsel akan melakukan komunikasi intens, mengingat Kodim 1006/MTP lebih mengetahui tentang wilayah pedesaan dan pesisir yang minim literasi. “Kami tentu saja akan meminta masukan kepada Kodim masing-masing daerah yang perlu kami datangi. Mereka juga lebih tahu dengan wilayah teritorialnya,” ujar Nurliani.

Kemudian, Dispersip Kalsel akan meminjamkan fasilitas seperti buku bacaan secara bergilir melalui Kodim 1006/MTP untuk diantarkan ke wilayah pedesaan dan pesisir. “Kami dari Dispersip Kalsel meminjamkan buku secara bergilir kepada masyarakat di pedesaan baik itu per tiga bulan, enam bulan, atau pertahun. Semakin sering bergulir semakin banyak varian judul buku yang dinikmati masyarakat pedesaan,” jelas Nurliani.

Sementara itu, Dandim 1006/MTP, Letkol Arm Siswo Budiarto menyambut baik sinergitas dengan Dispersip Kalsel dalam meningkatkan literasi atau minat baca masyarakat di wilayah pedesaan dan pesisir Kabupaten Banjar. Dikatakan Letkol Arm Siswo, Kodim 1006/MTP akan menurunkan anggotanya untuk membantu membawa buku yang dipinjamkan oleh Dispersip Kalsel dengan sepeda motor. “Nanti akan kita kerahkan para Babinsa yang bisa membawa buku-buku dengan motor yang kita atur, agar dapat membawa ke Desa Belangian,” tutur Letkol Arm Siswo.

Lebih jauh Letkol Arm Siswo menjelaskan, kegiatan bersama Dispersip Kalsel sejalan dengan program yang telah digalakkan Kodim 1006/MTP untuk membantu penguatan budaya literasi masyarakat. “Sebelumnya, kami juga melaksanakan kegiatan yang sama, contohnya Koramil 01/Sungai Pinang sudah membuat ruang perpustakaan yang digunakan bergilir sekolahan yang ada di Kecamatan Sungai Pinang,” pungkas Letkol Arm Siswo.

diskominfomc.kalselprov.go.id