Tingkatkan Literasi di Daerah, Kadispersip Kalsel Tinjau Perpustakaan Kabupaten Kotabaru

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Hj. Nurliani, M.AP., didampingi Kepala Seksi (Kasi) Layanan, Kasi Pembinaan dan Kasi Deposit, mengunjungi Perpustakaan Daerah Kabupaten Kotabaru, yang disambut langsung Kepala Bidang Perpustakaan Kotabaru, Kasi Pembinaan dan Pengembangan, beserta staf, Selasa (15/09/2020).

Selain dalam rangka pembinaan perpustakaan, kunjungan ini juga sebagai bentuk nyata dukungan Dispersip Kalsel dalam meningkatkan budaya literasi, yang memerlukan peran pemustaka dan pustakawan dalam pengelolaan dan pengembangan layanan perpustakaan, sehingga lebih termotivasi meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. ”Bangun gedung ini gampang, setahun selesai, tetapi membangun sumber daya manusia itu berat. Oleh karena itu saya minta pustakawan dan pemustaka untuk ikut berperan aktif. Kami selalu mendukung pengembangan layanan perpustakaan di daerah dan memberikan motivasi, agar perpustakaan berbasis inklusi sosial dapat bergerak sesuai harapan,” ungkap Bunda Nunung, sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel.

Sementara itu, Sofyan Hamid, M.Pd., Kasi Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Kabupaten Kotabaru  menerangkan, meski perpustakaannya sudah memiliki banyak kelebihan, namun masih ada kekurangan, yakni layanan perangkat teknologi informasi bagi pemustaka, dan server khusus dalam sistem automasi perpustakaan yang belum dimiliki. “Adanya monitoring langsung Kepala Dispersip Provinsi Kalsel, selaku pembina seluruh perpustakaan yang ada di Kalsel ini, diharapkan dapat langsung memberikan inspirasi dan tindakan percepatan, guna mendapatkan hibah dari Perpustakaan Nasional RI. Apalagi nama Bunda Nunung di Perpusnas dan kalangan milenial saat ini sangat familier”, paparnya.

Ditambahkan Sofyan, berkat rekomendasi Kadispersip Kalsel, Dispersip Kotabaru mendapatkan dana alokasi khusus dari Perpusnas RI, berupa kegiatan renovasi atau perluasan ruang baca pemustaka dan ruang baca anak pada Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Kotabaru, yang sukses terlaksana di tahun anggaran 2019.

Pihaknya sangat berterima kasih atas kunjungan ini, karena dapat memberikan motivasi dan semangat kepada jajaran Dispersip Kotabaru, untuk meningkatkan kualitas layanan.

Kadispersip Kalsel juga berharap, agar gedung ini dapat lebih bermanfaat untuk meningkatkan minat dan kegemaran membaca di Kotabaru pada khususnya, dan Kalsel pada umumnya, sesuai dengan visi Kalsel Cerdas yang dicanangkan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.

jurnalkalimantan.com