Tingkatkan Literasi di Banua, Dispersip Kalsel Pererat Silaturahmi dengan Para Awak Media

Memimpin sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) sejak Maret 2017, Dra. Hj. Nurliani Dardie, M.A.P. banyak memberikan kemajuan di berbagai bidang. Seperti kunjungan dan peminjaman buku, hingga jumlah kepesertaan di perpustakaan umum di bawah pengelolaan Dispersip Kalsel, yang meningkat 300%. Prestasi ini turut mendapat penghargaan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI), yang diserahkan kepada Gubernur Kalsel, H. Sahbirin Noor, atas perhatian besarnya terhadap dunia literasi.

Tidak hanya itu Dispersip kalsel juga mendapat bantuan 6 mobil perpustakaan keliling, dan akan menerima satu unit lagi di akhir tahun ini. Ditambah bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, untuk pembangunan perpustakaan di Kabupaten Tanah Bumbu (2019) dan Kabupaten Tapin (2020), dengan nilai masing-masing sekitar Rp10 miliar. Serta rehab dengan nilai Rp4 miliar lebih untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara, Tabalong, Kotabaru, dan Kota Banjarbaru di tahun yang sama. “Kurang lebih Rp18,5 miliar kita menerima DAK di dua tahun terakhir. Sementara di tahun 2021, direncanakan Rp8,5 miliar, dan ini diluar Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Provinsi Kalsel, yang juga meningkat sejak kepemimpinan Bu Nunung (sapaan akrab Dra. Hj. Nurliani Dardie, M.A.P. -Red),” ungkap Muhammad Ramadhan, Sekretaris Dispersip Kalsel, saat ditemui jurnalkalimantan.com usai pertemuan para pegawai Dispersip Kalsel dengan para awak media. Selain itu, di bidang pembinaan, Dispersip Kalsel juga berupaya memotivasi seluruh Dispersip kabupaten/kota, agar dapat melalukan berbagai gebrakan, untuk menggaungkan minat baca di daerah, hingga mendekatkan diri dengan masyarakat, dan membuktikan prestasinya kepada para pemangku kepentingan.

Ramadhan mengakui, berbagai prestasi yang diraih Dispersip Kalsel, selain karena gencarnya gebrakan yang dilakukan Dra. Hj. Nurliani Dardie, M.A.P. dan peran jajarannya yang selalu bersemangat, juga terdapat peran media massa, yang telah berandil besar dalam menyampaikan informasi dari berbagai layanan Perpustakaan Palnam. Atas dasar tersebut, digelarlah pertemuan para pegawai Dispersip Kalsel dengan para awak media, sebagai bentuk penghargaan dan menjalin silaturahmi, yang telah bekerjasama dengan baik selama ini. “Mengingat peran media massa ini sangat besar terhadap kemajuan Dispersip Kalsel, karena sebaik apapun program dan kegiatan kami, namun itu tiada artinya kalau tidak diketahui masyarakat, selain itu juga, Kantor Dispersip Kalsel yang terpencar, seperti di Jalan Pierre Tendean, kawasan Kilometer Enam, dan Kota Banjarbaru, hingga kita gelar kegiatan ini, karena jarang kita terkumpul sepeti ini,” papar Bunda Nunung usai kegiatan.

Diawali serangkaian seremoni pembukaan, acara ini dimeriahkan berbagai perlombaan yang berlangsung penuh keakraban, di Pantai Batakan Baru, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (25/11/2020).

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diberikan penghargaan berupa piagam kepada para awak media, yang telah berperan baik sebagai penyampai infomasi kepada masyarakat, yang diharapkan Dispersip Kalsel bisa terus terjalin, dan dapat meningkatkan literasi dan minat baca di Banua.

jurnalkalimantan.com