Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Arsip, DPRD dan Dispersip HST Datangi Dispersip Kalsel

Guna berkonsultasi terkait tata kelola kearsipan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama utusan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) HST, melakukan kunjungan kerja ke Depo Arsip Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (4/6/2021).

Disambut langsung Kepala Dispersip Kalsel Hj.Nurliani, pertemuan ini diisi dengan diskusi, guna menjalin sinergi peningkatakan kualitas kearsipan.  “Kami meminta Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan bisa membantu menambah kualitas kearsipan di HST,” ucap Wakil Ketua DPRD HST Taufik Rahman, saat diskusi.

Ia mengakui pengelolaan arsip di daerahnya masih belum memperoleh nilai maksimal, dikarenakan minimnya sumber daya manusia (SDM), serta perlunya penambahan sarana dan prasarana.  “Kita segera mengadakan rapat kerja dengan dinas terkait, untuk membahas hal tersebut dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan itu,” tambah Taufik.

Depo Arsip Kalsel

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, mengharapkan perhatian dari pihak legislatif, mampu membangkitkan dan mendukung pengembangan Dispersip HST.  “Kita sebagai pembina lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota, menyambut baik atas kunjungan ini, karena sudah seharusnya demikian, mengingat pengelolaan kearsipan masuk dalam salah satu kriteria dalam penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP),” ungkapnya.

Ditambahkan Bunda Nunung (Sapaan akrab Hj. Nurliani), HST sebenarnya memiliki kemauan untuk lebih maju dan lebih baik, sehingga memerlukan dukungan optimal pemerintah daerah.

Sumber:jurnalkalimantan.com