Terendam Banjir, Sejumlah Fasilitas Perpustakaan Palnam Rusak

Musibah banjir di Kalimantan Selatan tak hanya menimpa rumah-rumah warga, tapi juga perkantoran, salah satunya adalah Perpustakaan Provinsi Kalsel yang berada di Jalan Ahmad Yani Km, 6,4, atau akrab disebut Perpustakaan palnam.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan (Dispersip Kalsel) Hj. Nurliani Dardie kepada BanaranMedia.com membenarkan Perpustakaan Palnam tergenang banjir dalam sepekan terakhir. “Iya, sudah sepekan terakhir Perpustakaan Palnam tergenang banjir,” ungkapnya, Sabtu, 23/1/2021.

Adapun sejumlah ruangan yang tergenang banjir seperti Gedung Pengolahan dan Pembinaan, Rumah Deposit, Play Ground, Kids Library, Musala, Aula, Kantin, termasuk kerusakan terjadi pada mobil Operasinal dan delapan unit pusling Perpustakaan.

Banjir Perpustakaan Palnam

Menurut Nurliani Dardie, ruangan tadi disebutkan baru saja diperbaiki. “Padahal semua fasilitas di perpustakaan Palnam yang tergenang banjir baru saja diperbaiki, tapi mau bagaimana lagi, namanya juga musibah” ujarnya menambahkan.

Banjir yang menimpa Perpustakaan Palnam juga merusak ratusan buku karena tidak sempat terselamatkan. Meski demikian, pihaknya telah bertindak cepat mengevakuasi ribuan buku lainnya dari sejumlah ruangan. “Pegawai Dispersip Kalsel pada 17 Januari lalu, sudah mengangkat semua buku-buku serta komputer di ruang baca anak-anak. Tak pasti berapa jumlah buku yang dievakuasi, tapi bisa dipastikan ada ribuan judul,” pungkasnya. Atas musibah yang terjadi, Nurliani Dardie berharap mendapatkan perhatian serius dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) mengingat perpustakaan memiliki peran penting terhadap terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas.

sumber:banaranmedia.com