Terbuka Untuk Umum, Dispersip Kalsel Gelar Talk Show Virtual Peluang Usaha Di Tengah Pandemi

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan tak lelah memberikan pengetahuan bagi masyarakat. Tak anya seputar literasi dan kepustakaan, Dispersip Kalsel juga menggelar Talk Show tentang peluang usaha di tengah Pandemi.

Pegiat UMKM Martha Krisna menjadi pembicara dengan tema ‘tren dekorasi ruangan dengan serat alami’ dalam talk show yang akan digelar pada Selasa (1/9/2020) mendatang. Kegiatan ini terbuka untuk umum, dengan estimasi peserta sebanyak 1.000 orang, yang akan ditayangkan secara live via Zoom dan official Youtube Dispersip Kalsel.

Kadispersip Kalsel Nurliani Dardie menjelaskan acara tersebut digelar karena Perpustakaan hadir tidak hanya sebagai tempat orang datang dan meminjamkan buku, tetapi juga harus hadir untuk memberikan nilai dan manfaat bagi masyarakat.

“Perpustakaan sudah saatnya bertransformasi agar memiliki nilai dan kemanfaatan yang tinggi bagi masyarakat melalui pendekatan inklusif,” ucap Bunda Nunung sapaan akrabnya, Senin (10/8/2020).

Pendekatan inklusif yang dimaksudkannya adalah perpustakaan mampu menjadi ruang terbuka bagi masyarakat untuk memperoleh semangat baru dan solusi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan. “Dengan penguatan literasi individu maka akan terjadi perubahan pengetahuan dan perilaku individu yang akan berdampak pada peningkaan produktuvitas dan kesejahteraan,” jelas mantan Kadispersip Banjarbaru ini.

“Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial ditandai dengan adanya ketersediaan dan kemudahaan akses pustaka dan sumber informasi bagi masyarakat,” kata dia.

Bunda Nunung mengatakan Dispersip Kalsel ada dua kegiatan yang akan digelar pada bulan ini.

Semangat “Bergerak” tidak hanya sekadar bergerak akan tetapi gaspol, yang ditandai dengan beragam kegiatan yang dilakoni Dispersip. “Marta (narasumber-red) akan mengawali kegiatan September Ceria, dengan tiga agenda lainnya yang akan kita gelar,” tutup Bunda Nunung.

jejakrekam.com