Talkshow Virtual Hadirkan Najwa Shihab, Jumlah Peserta Membludak

Pesona Duta Baca Indonesia,  Najwa Shihab rupanya memang tak diragukan lagi.

Sosok cerdas yang juga dikenal sebagai jurnalis itu berhasil menyedot antusiasme calon peserta talk show virtual atau webinar bertajuk ‘Nikmatnya Membaca Buku’, yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, besok (24/07) siang.

Tak tanggung-tanggung, 3.662 peserta sudah mendaftarkan dirinya untuk dapat ikut serta acara yang dihelat di dua platform, baik Zoom Meeting maupun Youtube Live, di mana Najwa menjadi salah satu pembicara.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, Hj. Nurliani Dardie, mengatakan bahwa sejak pendaftaran online dibuka pada 17 Juli lalu, angka peserta sudah menyentuh lebih dari seribu hanya dalam waktu kurang dari satu hari.

“Hanya dalam hitungan jam setelah pendaftaran dibuka, sudah ada ratusan orang yang mendaftarkan diri. Malam harinya bahkan sudah menyentuh angka 1.235 orang, hingga sekarang sudah ada 3.662 per penutupan pendaftaran Selasa malam,” tuturnya.

Kegiatan tersebut diakuinya dapat terselenggaran dengan dukungan penuh dari Perpustakaan Nasional RI dan Duta Baca Indonesia, yang setiap tahun rutin menggelar road show ke 7 provinsi atau kabupaten/kota untuk lebih mengenalkan budaya literasi kepada masyarakat.

“Biasanya dilakukan dengan tatap muka, namun karena pandemi Covid-19, jadi acara digelar dalam bentuk webinar,” jelasnya lagi.

Selain akan diisi oleh Najwa Shihab, webinar juga menghadirkan Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Nasional RI, Woro Titi Haryanti, sebagai Keynote Speaker bersama Nurliani, dan juga dipandu Akademisi yang juga Staf Khusus Gubernur Kalimantan Selatan, Taufik Arbain.

Lanjut Nurliani menambahkan, kuota untuk webinar di Zoom Meeting memang hanya untuk 1.000 orang, sementara sisanya akan dibagikan link untuk Youtube Live.

Persiapan matang juga dilakukan oleh tim di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan, yang hingga tadi malam, Rabu (22/07) lembur untuk pendataan ribuan peserta yang sudah mendaftarkan diri. “Iya, teman-teman sampai lembur untuk mendata peserta yang sudah daftar lewat link yang dibagikan,” pungkas Nurliani.

Beberapa tahun terakhir, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Selatan memang kerap menggelar talk show yang menghadirkan tokoh-tokoh literasi Indonesia.

Tujuannya tak lain untuk berbagi ilmu dan juga meningkatkan minat baca di masyarakat Kalimantan Selatan.

Sebut saja Dewi “Dee” Lestari, novelis yang terkenal dengan ‘Supernova’-nya yang melegenda, hingga Habiburahman El Shirazy, penulis novel Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, yang juga pernah menyambangi Kalimantan Selatan.

Bahkan kegiatan yang biasanya digelar tatap muka itu juga kerap dipadati pengunjung yang ingin bertemu langsung dengan novelis pujaannya.

Meskipun tahun ini, pertemuan harus digelar lewat virtual karena pandemi yang masih berlangsung.

www.sonora.id