Tak Sekadar Tempat Baca, Perpustakaan Ini Nyaman dan Instagramable

Keberadaan perpustakaan kini tak lagi hanya sebatas tempat membaca dan menggali ilmu pengetahuan. Dinas Perpustakaan dan kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel pun menyulap beberapa sudut Perpustakaan Palnam menjadi tempat foto yang menarik dan instagramable.

Ya, gagasan ini muncul dari sang kepala dinas, dra Hj Nurliani Dardie atau yang akrab disapa Bunda Nunung. Menurut Bunda Nunung, diciptakannya spot foto yang menarik tentunya agar mampu memikat kaum milenial, tentunya juga berdampak pada meningkatnya kunjungan ke perpustakaan.

“Memang saya ciptakan untuk kaum milenial. Supaya perpustakaan jauh dari kesan kaku,” kata Bunda Nunung, Sabtu (21/12) petang.

Sehingga, dengan adanya wahana spot foto, keberadaan perpustakaan tidak hanya tempat untuk membaca saja. “Tapi bagaimana caranya agar perpustakaan sebagai tempat belajar dan beraktifitas yang menyenangkan,” tambahnya.

Bunda Nunung memaparkan, perpustakaan sekarang tidak hanya tempat di mana pengunjung serius membaca sehingga tidak boleh berisik. Tapi, justru perpustakaan itu dijadikan tempat ramai dalam artian tempat untuk pengunjung berdiskusi.

“Oke tempat serius itu memang wajib ada. Tetapi tidak harus selalu serius. Ruangan perpustakaan memang tidak boleh berisik, demi kenyamanan membaca,” katanya.

Bunda Nunung menyebut, ada beberapa tempat yang di mana pengunjung dapat berdiskusi dengan nyaman. Sehingga tidak mengganggu pembaca yang ada di dalam ruangan perpustakaan.

“Ada aula, ada gazebo dan ada taman untuk tempat baca terbuka atau outdoor serta tempat diskusi. Instagramable pula,” sebutnya.

“Biar mereka para pengunjung bisa memposting di media sosial saat ini. Jadi imbasnya promosi untuk Palnam,” pungkasnya.

www.kanalkalimantan.com