Tahun 2020, Dispersip Kalsel Mulai Bangun Perpustakaan Khusus Disabilitas

Memfasilitasi penyandang disabilitas, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) Kalsel membangun bangunan perpustakaan baru khusus disabilitas.

Rencananya, pembangunan akan dilakukan mulai tahun 2020 mendatang.

Sekretaris Dispersip Kalsel M Ramadhan, mengatakan, pembangunan gedung perpustakaan khusus penyandang disabilitas akan dibiayai dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Alhamdulillah sudah disetujui usulan kami dan insyaallah mulai tahun depan (2020) pembangunan akan mulai berjalan,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurlaini Dardie, bangunan perpustakaan baru khusus penyandang disabilitas akan dibangun di dalam area Perpustakaan Palnam di Jalan A Yani Kilometer 6,5 Banjarmasin.

Rencananya gedung baru itu dilengkapi fasilitas membaca untuk tuna netra dan tuna rungu serta infrastruktur pendukung kebutuhan penyandang disabilitas lainnya.

“Sebenarnya jika memungkinkan bangunan utama yang sekarang saja disesuaikan. Namun karena bangunannya yang sekarang berbentuk panggung, jadi tidak memungkinkan ya. Jadi kita putusakan untuk membangun bangunan khusus,” kata dia.

Pembangunan fasilitas untuk penyandang disabilitas, kata Bunda Nunung sesuai dengan amanat Perda nomor 60 tahun 2018 tentang perlindungan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas.

 

(banjarmasinpost.co.id/rahmadhani)