Sutarto Ceritakan Pengalaman Hidupnya di Buku Membingkai Bayang – Bayang

Di awal tahun 2021 ini, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispersip) mengundang Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Prof DR H Sutarto Hadi MSi MSc dalam webinar terbaru Dispersip Kalsel.

Dalam webinar kali ini, buku karya Sutarto Hadi dikulik lebih dalam dan membahas memoar perjalanannya mengejar pendidikan dan karir, hingga menjadi orang nomer satu di ULM.

Dalam menulis bukunya, tentu Sutarto menuliskan semua pengalamannya seperti tinggal di Belanda, dan Amerika. Tidak hanya itu, Sutarto juga bercerita tentang kegemarannya membaca kepada peserta webinar.

“Manusia itu kan haus akan informasi. Jadi saya kecil dulu suka sekali membaca. Apa saja saya baca, termasuk sobekan Koran, karena kan dulu tidak ada televisi dan gadget,” tutur Rektor ULM ini.

“Karena sudah jadi kebiasaan sejak dulu, tiap hari itu harus ada membaca berapa halaman pun asal membaca,” sambungnya, saat ditemui selepas acara Webinar (13/01).

Namun, dengan adanya perkembangan zaman, Sutarto menyayangkan generasi muda yang sekarang seolah – olah minim literasi. “Generasi muda sekarang ini kebanyakan malas membaca. Hal tersebut dipengaruh teknologi yang kini semakin canggih,” ucapnya.

Teknologi semakin canggih, papar Sutarto, tapi kita tetap bisa membaca melalui gadget atau apapun. Hanya saja jangan sampai termakan informasi yang tidak jelas kebenarannya.

Di kesempatan ini pula, ia berpesan untuk para orangtua agar mendorong dan menggelorakan budaya membaca buku. Dikatakannya, sensasi membaca dan membuka buku dengan gadget sangat jauh berbeda.

“Ada sensasi emosional tersendiri dari buku. Karenanya, singkirkan sejenak gadget dan mulai membaca buku fisik. Orangtua sebisa mungkin mengarahkan anak semakin dekat dengan buku,” ujarnya.

Di sisi lain Kadispersip Kalsel, H Nurliana Dadie, turut berterimakasih dan merasa bangga karena buku memoar tersebut dapat dibahas lebih jauh dalam webinar Dispersip.

“Terima kasih untuk Prof Sutarto Hadi yang telah bersedia membahas buku ini lebih dalam, dan saya selaku Kadispersip Kalsel merasa bangga, karena buku ini bisa disajikan dalam webinar kita kali ini,” tandas Bunda Nunung.

Sumber : maknanews.com