Susuri Sungai Martapura, Tim Dispersip Bantu Korban Banjir Lok Buntar Dan Munggu Raya

Tim Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan terus bergerak membantu korban banjir di berbagai wilayah Kalsel. Kali ini Tim dipimpin Kadispersip menyambangi korban banjir yang ada di Desa Lok Buntar Sei Tabuk dan Munggu Raya Astambul Kabupaten Banjar, Selasa (26/1) tadi.

Tim Dispersip harus menyusuri lokasi banjir mengunakan beberapa buah perahu kecil bermesin untuk sampai ke dua desa tersebut. Puluhan kilometer ditempuh dengan menyusuri sepanjang sungai Martapura.  Mereka juga membawa bantuan sembako dan berbagai kebutuhan hidup untuk dibagikan kepada masyarakat yang rumahnya kebanjiran hingga saat ini. Bukan hanya bantuan berbagai kebutuhan pokok, Tim Dispersip juga membawa buku dongeng dan para penghibur anak-anak korban banjir untuk memberikan trauma healing.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani yang ikut membantu saat menurunkan berbagai bantuan ini, mengatakan seluruh kegiatan Dispersip Peduli sesuai arahan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor agar seluruh SKPD di Pemprov Kalsel turut peduli dalam penanganan tanggap darurat musibah banjir. Ia juga mengaku bersyukur dapat menolong warga yang kebanjiran dan kesulitan untuk mencari kebutuhan pokok. “Kami memang mencari daerah yang sukit diakses saat banjir ini dan kita utamakan membantu masyarakat korban banjr yang belum tersentuh bantuan, semoga ini dapat bermanfaat,” ucap pejabat yang dikenal energik ini.

Selain Tim Dispersip Peduli, pihak Perpustakaan keliling Perpusnas juga melakukan rangkaian kunjungan ke lokasi banjir di Sei Tabuk. “Tepatnya di posko siaga banjir di Sei Tabuk, pihak Pusling Perpusnas juga membawa badut dan pendongeng untuk memberikan trauma healing khususnya kalangan anak -anak di tempat pengungsian,” terang Nurliani.

sumber:jejakbanua.com