Sukses Laksanakan Gelar Wicara Virtual Ria Enes & Susan, Dispersip Kalsel Kembali Dapat Apresiasi

Gelar wicara virtual bersama pendongeng terkenal, Ria Enes dan boneka kesayangannya, Susan, kembali sukses digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (28/07/2020).

Diikuti lebih 500 peserta yang dimoderatori Dina Hastuti, acara ini dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan disiarkan langsung di media sosial youtube.

Dalam kegiatan ini, Ria Enes menyampaikan kepada para peserta yang merupakan orang tua dan pendidik, agar bisa mengembangkan karakter anak melalui budaya bercerita. “Memang dalam pendidikan, kita tahu banyak sekali media-media yang kita butuhkan supaya bisa menarik perhatian anak-anak. Jadi tidak ada zaman model dulu yang namanya belajar duduk anteng ‘gurunya ngomong muridnya ga berani apa-apa’, atau nyalin tulisan, itu sekarang tidak lagi seperti itu. Tapi medianya bisa boneka, bisa gambar, termasuk buku, itupun bercerita, semuanya bercerita,” ungkap Ria Enes yang tersambung dari luar Pulau Kalimantan.

Gelar wicara yang digelar Dispersip Kalsel ini, mendapat apresiasi dari Pustakawan Utama Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. “Menurut saya, acara ini sangat bagus, terutama untuk para orangtua, agar bisa mengenalkan minat baca kepada anaknya sejak usia dini. Saya juga senang bagaimana Ria Enes mengajak orangtua mendongeng bagi anak-anak, sebagai cara awal mengenalkan anak agar suka membaca. Salut buat Dispersip Provinsi Kalsel yang selalu membuat acara dengan menghadirkan narasumber kompeten tingkat nasional,” urai Dra. Titiek Kismiyati, M. Hum, Pustakawan Utama Perpusnas RI, saat dihubungi via gawai.

Selain itu, Anggota Dewan Pertimbangan Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) pusat, Nova Rasdiana, juga mengapresiasi gebrakan Dispersip Kalsel. “Bunda Nunung telah membuat banyak gebrakan dalam pengembangan minat baca. Bunda Nunung juga telah membuat anak-anak dan masyarakat ketagihan membaca di perpustakaan. Bunda Nunung tidak capek-capeknya meng_eksplore_ perkembangan literasi sampai ke pameran-pameran buku internasional,” paparnya yang juga dihubungi lewat gawai.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel, merasa bersykur atas terselenggaranya acara ini, dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional tahun 2020. “Pastinya sangat berterimakasih kepada para peserta dari Sabang sampai Merauke, khususan terimakasih atas dukungan dan doa seluruh masyarakat Kalsel,” pungkas Bunda Nunung, sapaan akrabnya.

jurnalkalimantan.com