Songsong Perpindahan IKN, Kadispersip Kalsel Minta Tabalong Perkuat Layanan Perpustakaan

Rombongan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong dari Komisi I, melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam rangka konsultasi dan koordinasi, yang dipimpin langsung Ketua Komisi I bersama Kepala Bidang (Kabid) Kearsipan Dispersip Tabalong, Selasa (08/12/2020).

Kunjungan kerja yang diawali dengan diskusi ini, langsung diterima Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani bersama jajarannya, yang memaparkan berbagai pengalaman dan program kerjanya untuk meningkatkan literasi di Banua. Rombongan juga meninjau layanan dan fasilitas di Perpustakaan Palnam, dimulai dari perpustakaan umum, perpustakaan anak, hingga taman baca.

Kabid Kearsipan yang mewakili Kepala Dispersip Tabalong, mengaku senang bisa mendapat banyak masukan dari Kepala Dispersip Kalsel, yang namanya sudah dikenal hingga tingkat nasional. “Kami mempunyai mobil keliling tapi sudah tua dan dinilai sudah tidak layak. Kami bersama DPRD dalam beberapa hari ke depan berencana juga kunjungan ke Perpusnas RI. Inginnya didampingi Ibu Nunung (sapaan akrab Kepala Dispersip Kalsel-Red) hingga dapat  mendisposisikan, agar Kabupaten Tabalong mendapat bantuan,” harap Kabid Kearsipan Dispersip Tabalong usai berdiskusi.

Kabid dispersip tabalong

Sementara Ketua Komisi I DPRD Tabalong, Supriani menyatakan, pihaknya sengaja mengunjungi Dispersip Kalsel, yang dinilai berhasil membenahi perpustakan dan kearsipan, guna menggali berbagai hal dan pengetahuan, untuk dikonsultasikan ke Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dan diaplikasikan di daerah. “Kami menggali berbagai hal untuk pembenahan perpustakaan dan kearsipan di Tabalong, dan berharap mendapat dukungan pula dari Dispersip Kalsel dan Perpusnas RI,” ungkapnya.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala Dispersip Kalsel memberikan berbagai pengalamannya, hingga dapat membuat Perpustakaan Palnam bisa mejadi salah satu perpustakaan terbaik se Indonesia, dan berhasil meningkatkan minat baca dan kunjungan di Perpustakaan Palnam.

Tidak hanya itu, ia juga mengharapkan Dispersip Tabalong dapat melaksanakan berbagai programnya dengan inovatif, maupun lewat gebrakan tertentu yang dibuktikan dengan kerja nyata dan prestasi, hingga bisa mendapat kepercayaan dari kepala derah ataupun DPRD, untuk meraih dukungan morel dan materiel. “Berdasarkan pengalaman saya, perlu juga dukungan media dan DPRD, terutama komisi yang membidangi, untuk mendapat dukungan berbagai program guna kemajuan perpustakaan dan kearsipan,” urai Hj. Nurliani.

Ditambahkan Bunda Nunung, ia mengaku siap untuk mendampingi Dispersip dan Komisi I DPRD Kabupaten Tablong ke Perpusnas RI, hingga memberikan rekomendasi jika diperlukan untuk mendapatkan bantuan.

Selain itu, ia juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Tabalong bisa menyiapkan sumber daya manusia terbaiknya sejak dini, guna menyongsong perpindahan Ibu Kota Negara yang akan berbatasan dengan Tabalong. “Agar jangan menjadi penonton, karenanya peran perpustakaan sangat penting untuk membangun SDM yang cerdas, melalui layanan perpustakaan yang maksimal,” tegas Bunda Nunung.

jurnalkalimantan.com