SMA Ukhuwah Ingin Punya Perpustakaan seperti Palnam Dispersip Kalsel

Rombongan siswa dari SMA Ukhuwah Banjarmasin mengunjungi Perpustakaan dan Arsip Dispersip Kalsel, Senin (22/7/2019).

Kedatangan mereka pun membuat ruangan Perpustakaan Palnam menjadi makin ramai.

Selain mencari literasi untuk pelajaran mereka, mereka juga menggunakan sebagian ruangan untuk diskusi dan lain-lain.

Ahmad Zamzam, staf pengajar SMA Ukhuwah mengatakan kunjungan ini merupakan bagian dari upaya pihaknya untuk mengenakan dunia pustaka kepada muridnya.

“Ini agenda tahunan. Tahun tadi kami juga ke sini,” kata dia.

Datang ke Perpustakaan Palnam, membuka inspirasi bagi Ahmad Zamzam.

Dia menuturkan, ingin sekali mebawa konsep Perpustakaan Palnam yang sudah sangat nyaman, pelayanan yang ramah dan koleksi buku yang lengkap di sekolahnya.

“Kayaknya harus sering-sering belajar ke sini supaya perpustakaan di sekolah bisa menyamai fasilitas di Perpustakaan Palnam. Sangat ingin mencontoh konsep perpustakaan seperti ini. Bisa untuk diskusi dll tidak cuma untuk membaca,” kata dia.

Menurut Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Daedie, pihanya memang membuka diri bagi siapa saja yang ingin belajar ke Perpustakaan Palnam.

“Silahkan mau berkegiatan di Perpustakaan Palnam. Makanya kami apresiasi sekali dan terimakasih sekali dari SMA Ukhuwah mau berkunjung ke sini kita sama-sama belajar maju,” kata dia.

Perpustakaan juga tak ingin dianggap hanya sebagai tempat membaca atau meminjam buku.

Perpustakaan telah berubah menjadi sebuah pusat belajar dan berkegiatan masyarakat secara terbuka, mudah diakses, kreatif, inovatif, dan mampu memberikan kesempatan belajar bagi masyarakat,” kata dia.

Bunda Nunung mengatakan, Perpustakaan Palnam terus membenahi fasilitas yang ada seperti penambahan gazebo (pendopo) dan ruang terbuka lainnya agar bisa dimanfaatkan masyarakat.

“Misalnya untuk diskusi, kerja kelompok siswa atau mahasiswa dan lainnya. Jadi ke perpustakaan tidak sekedar membaca,” kata dia.

 

(banjarmasinpost.co.id/rahmadhani)