Siswa SMAN 1 Bati-bati Cari Buku Bacaan ke Perpustakaan Palnam

Keberadaan Perpustakaan Palnam Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispersip) Provinsi Kalsel memang sangat penting, terutama bagi para pelajar. Hal inilah yang mendorong siswa SMAN 1 Bati-bati, Kabupaten Tanah Laut menyambangi Perpustakaan Palnam, Kamis (19/12).

Sang guru yang mendampingi siswanya, Siti Zubaidah mengaku takjub dengan kenyamanan yang ditawarkan Perpustakaan Palnam. Terutama dari kebersihan dan bebas dari gangguan. “Selama berkunjung ke perpustakaan, kami merasa perpustakaan tempatnya bersih, rapi dan membacanya tenang tanpa gangguan,” kata Siti.

Selain itu, koleksi buku yang tersedia di Perpustakaan Palnam juga memenuhi kebutuhan siswa yang haus akan pengetahuan. Sehingga, membuat para siswa menjadi betah dalam membaca. “Buku yang kami cari semuanya ada dan tertata rapi,” tambahnya.

Kendati begitu, Siti Zubaidah memberikan berbagai masukan yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Perpustakaan Palnam. Apalagi, jarak antara sekolah mereka dengan Perpustakaan Palnam yang cukup jauh.

“Kalau bisa, buku yang dipunjam bisa lebih dari dua buku. Serta waktu pengembalian jika bisa berjarak selama satu bulan, karena tempat tinggal kami agak jauh dari perpustakaan,” pungkas Siti.

Sementara itu, Kepala Dispersip Provinsi Kalsel Hj. Nurliani mengaku cukup terkesan dengan kunjungan siswa SMAN 1 Bati-bati ini. Menariknya, saat Bunda Nunung -sapaan akrabnya- berinteraksi dengan para siswa, para siswa sempat tidak menyadari kalau mereka tengah berbincang-bincang dengan orang nomor satu di Perpustakaan Palnam itu. 

Kendati demikian, Bunda Nunung tidak mempermasalahkannya, malah dirinya dengan mudah berbaur dengan para siswa. “Buktinya, mereka santai dan happy ketika saya ajak ngobrol,” pungkas Bunda Nunung.

www.kanalkalimantan.com