Sinergi Literasi, Dua Kodim di Kalsel Ajak Dispersip Ikut TMMD

Dispersip Kalimantan Selatan kembali dilibatkan dalam Kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Kodim 1003 Kandangan, Hulu Sungai Selatan dan Kodim 1008 Tanjung.

Hal ini menindaklanjuti Surat dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan nomor 041/6853/DISPERSIP, Rabu 23 Desember 2020 terkait sinergitas sekaligus kolaborasi Dispersip dan TNI lingkup Kalimantan Selatan kepada Danrem 101 Antasari, Brigjen TNI Firmansyah.

Hal ini adalah sinergitas dan kolaborasi dalam upaya peningkatan promosi literasi serta mencerdaskan masyarakat desa, perairan dan pesisir dengan melaksanakan kegiatan yang bermanfaat untuk memasyarakatkan dan meningkatkan minat baca. “Alhamdulillah, kami memang menerima surat ajakan sinergitas dan TMMD dari kedua Kodim Kandangan dan Tanjung,” kata Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP, Senin (22/2/2021).

Rencananya menurut Nurliani, pihaknya akan mengikuti kegiatan di Kandangan dari 2 hingga 31 Maret 2021, sementara di Kabupaten Tabalong awal Maret 2021. Guna melancarkan dan mensukseskan kegiatan tersebut, Nurliani mengatakan, berencana mengerahkan dua atau tiga armada pusling dan trail perpustakaan kedua lokasi TMMD itu. “Namun, untuk sementara satu dari tiga armada yang akan dikerahkan ke dua kabupaten tersebut masih melaksanakan tugas rutin keliling,” ujarnya.

Diketahui, sebelumnya Dispersip dan TNI, Dosen dan Mahasiswa Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari telah mengawali kegiatan tersebut pada 28 hingga 30 Januari 2021 di Desa Belangian, Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.

Dalam kegiatan tersebut, Dispersip Kalsel yang dipimpin Kadispersip Kalsel, Dra Hj Nurliani, MAP tidak hanya berkesempatan mempromosikan literasi, tetapi juga menyumbangkan buku layak baca serta peminjaman buku secara berkala ke desa tersebut. “Terima kasih kepada Danrem 101 Antasari beserta jajarannya yang telah memberikan dukungan serta respon positif untuk kegiatan yang bertujuan untuk mencerdaskan dan meningkatkan minat baca di desa, perairan dan pesisir,” tutupnya.

sumber:banjarmasin.tribunnews.com