Serunya Mengabuburit Sambil Berwisata Literasi di Perpustakaan Palnam

Saat Ramadan, biasanya banyak hal yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka, seperti jalan-jalan, bermain, mendatangi pasar kuliner, menghabiskan waktu di taman, dan lainnya.  Namun berbeda yang dilakukan mama muda asal Kabupaten Banjar ini, yang lebih memilih mengabuburit ke perpustakaan. Suasana yang nyaman dengan hiasan warna-warni, serta berbagai properti untuk bermain, membuat Nur Hikmah suka membawa anaknya ke Kids Library Palnam.

Ruang perpustakaan yang luas, dengan suhu yang sejuk, dan alunan musik anak-anak, membuat putranya terlihat berlari sana-sini, hingga bersenda gurau bersama ibunya, membuatnya tertawa lepas. “Sudah dua kali ke sini. Ketagihan anak saya, suka ia dibawa ke sini, tempatnya enak, sambil ngisi waktu dan nunggu buka puasa sekalian,” ucap Mama Adzriel, saat menemani putranya bermain, Ahad (18/05/2021).

Selain banyak terdapat permainan edukasi, di pusat belajar milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan ini, juga banyak terdapat buku untuk anak-anak.

Di gudang ilmu ini juga terdapat perpustakaan umum, yang dapat menjadi tempat untuk mencari informasi hingga meminjam berbagai jenis buku.

Pada Ramadan ini, di musala yang berada di lingkungan yang sama, juga menyediakan tempat dan perlengkapan untuk tadarus Alquran bagi pengunjung, dengan suasana yang tenang, rapi, bersih, dan sejuk.

Adapun jadwal layanan perpustakaan pada bulan suci 1442 hijriah ini: Senin–Kamis pukul 09.00–15.00 WITA, Jumat pukul 09.30–11.30 WITA, Sabtu dan Ahad, pukul 09.00—16.00 WITA, dan libur di hari besar nasional, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, guna mencegah penularan Covid-19.

Sumber:jurnalkalimantan.com