Sering Melakukan Gebrakan, Dispersip Kalsel jadi Rujukan Provinsi Tetangga

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) mendapat kunjungan dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Dispersip Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), yang langsung disambut Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, Kamis (13/08/2020), di aula Kantor Dispersip Kalsel, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kilometer 06, Banjarmasin.

Rombongan ini dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Hj. Siti Nafsiah, dalam rangka menggali berbagai gebrakan yang telah dilakukan Dispersip Kalsel, hingga dinilai menjadi salah satu perpustakaan terbaik di Indonesia. “Walau sumber daya manusianya terbatas, Dispersip Kalsel telah banyak melakukan gebrakan lewat berbagai program. Bahkan di situasi pandemi saat ini, tidak menghentikan Dispersip Kalsel untuk terus melakukan pergerakan,” ungkap Hj. Siti Nafsiah, kepada para awak media di sela kunjungan kerjanya.

Dibanding Dispersip Kalteng, ia mengakui Dispersip Kalsel memiliki fasilitas dan SDM yang cukup memadai, juga mempunyai anggaran yang luar biasa, yakni hampir Rp40 miliar di tahun 2020, walau ada pemotongan untuk penanganan Covid-19. “Sedangkan di Kalteng hanya dianggarkan sekitar Rp8 miliar di tahun yang sama,” puji Siti Nafsiah kepada Pemerintah Provinsi Kalsel.

Selain itu, dari kunjungan ini, didapat sejumlah kiat menarik dari Dispersip Kalsel, yang bisa ditiru untuk kemajuan perpustakaan di Kalteng, yakni menjaga jalinan kordinasi dan komunikasi yang baik kepada pemerintahan di tingkat provinsi, dan pihak-pihak lainnya. Hasilnya bisa dilihat, dengan suksesnya menghadirkan banyak tokoh-tokoh nasional, seperti Duta Baca Indonesia, Najwa Shihab.

Sementara Kepala Dispersip Kalsel, merasa terhormat telah dijadikan salah satu rujukan oleh provinsi tetangga. “Waktu pertama saya masuk di Dispersip Kalsel, juga mengalami keterbatasan anggaran dan SDM. Tapi kita bergerak dulu, dan yakin usaha kita bisa mendapat pertolongan dari Allah Swt., serta yakin juga kalau usaha kita diperhatikan oleh para pemegang kebijakan,” papar Hj. Nurliani memberikan semangat kepada para rombongan. Para tamu ini juga diajak melihat langsung berbagai layanan di Perpustakaan Palnam, mulai dari ruang perpustakaan anak, perpustakaan umum, hingga taman baca di halaman belakang Kantor Dispersip Kalsel.

jurnalkalimantan.com