Seperti Tak Kenal Henti, Dispersip Kalsel Berikan Wisata Literasi Hingga Kepelosok Daerah

Seperti tidak pernah kehabisan ide dan selalu ada gebrakan-gebrakan baru dari Kadispersip Kalsel Nurliani Dadie atau yang akrab di sapa Bunda Nunung itu. akan memulai gerakan literasi di Desa Belangian, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar yang akan dimulai pada tanggal 28-30 Januari .

Terkait dengan adanya gerakan literasi yang akan di adakan Dispersip Kalsel Dan Depo Arsip Kalsel. Yang bekerja sama dengan Tni, Polri, Dan mahasiswa Uniska Banjarmasin. Senin (11/01).

Disampaikan langsung oleh Kadispersip Prov. Kalsel Bunda Nunung Dalam rangka persiapan awal untuk wisata literasi ke desa belangian Kecamatan aranio “Dalam persiapan ini terimakasih kepada semua aspek yang sudah mau ikut berkontribusi untuk keamanan dari segi Protocol kesehatan dan dari segi kesiapan untuk pelaksanaan kegiatan wisata literasi nantinya”. ucap Bunda.

Ada sebanyak 60 sampai dengan 70 orang termasuk dari TNI dan Polri serta rekan-rekan wartawan dan teman-teman dari Uniska mengajak para TNI dan Polri serta mahasiswa untuk bersinergi bersama-sama, untuk Kalsel cerdas. “Jadi kita hari ini meminta masukan dari rekanan TNI maupun Polri, serta rekan-rekan mahasiswa dan dosen, sekaligus juga wartawan untuk kami dari dinas perpustakaan dan kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan hanya sekedar meminjamkan buku untuk anak-anak dan yang ada di desa” Kata Bunda Nunung.

Tidak luput juga Bunda Nunung sangat ber terimakasih kepada para rekan-rekan yang sudah ikut terlitabat di dalamnya seperti Tni- Polri, Mahasiswa dan Awak media. Ungkapnya. Selain melakuakan wisata literasi Bunda Nunung juga mengait para mahasiswa dan Dosen dari Uniska untuk mengabdi, mengajar, dan mengaji yang akan direalisasikan oleh uniska pada hari
jumat nanti seperti mengajar dan sesudah jumatan dengan mengaji.

Sedangkan dari kasatbinmas Polres Banjar ibu amalia juga ikut menambahkan mengenai gerakan wisata literasi yang di adakan oleh Kadispersip Kalsel itu. “Hari ini Saya mewakili bapak Kapolres untuk menghadiri kegiatan diskusi terbuka wisata literasi untuk mengangkat anak bangsa agar cerdas. Terkait dengan Polres Banjar sebagai poros perlindungan terhadap anak-anak, kita punya program yang sangat cocok dengan kegiatan yang akan kami tawarkan nanti salah satunya mendongeng menggunakan boneka binatang Arjuna dan Srikandi kemudian boneka Muppet , kemudian nanti ada juga kegiatan-kegiatan yang bersinergitas dengan TNI yaitu melatih PBB” Ungkapnya.

Adapun dari Ganjar Gunawan selaku Danpos Ramil Aranio “setelah kedatangan Kadispersip Prov. Kalsel yang waktu lalu berkunjung ke makodim 10 Mar tapura untuk melaksanakan kegiatan Wisata Literasi, kami siap mendukung membantu mengkoordinasikan selama kegiatan tersebut mulai dari pelaksanaan pemberangkatan sampai nanti kepulangan”. Ujarnya

Terakhir di simpulkan oleh Abdul Hafiz Selaku Dosen Fakultas Studi islam Uniska Banjarmasin.
“Insya Allah kalau berkegiatan ada tiga aspek yang kami laksanakan pertama Uniska mengabdi, Uniska mengajar , dan juga Uniska mengaji. Mengabdi dalam artian kami mengabdikan diri sebagai dosen. Dosen itu tugasnya ada 3 Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pengajaran penelitian dan pengabdian, seperti kami akan mengadakan kedekatan dengan masyarakat dan juga pada anak-anak, kemudian kami akan mengajar di SD Belangian yang kurang lebih memiliki 30 orang anak-anak dan di situ kami akan memberikan materi-materi pembelajaran, kemudian mengaji dengan memberikan materi tentang Alquran dan kami juga akan memberikan buku Iqro dan juga buku agama dan mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat”. Pungkasnya.

infobanua.co.id