Sempat Tangis Terisak, Kadispersip Kalsel Harapkan Talkshow Virtual Bersama Faisal Oddang Bisa Bawa Manfaat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan
Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menggelar Talkshow Virtual bersama Faisal Oddang dengan tema “Kelas Menulis Cerita”. Senin (3/8/2020).

Kegiatan ini bertujuan tidak lain  untuk menggelorakan literasi kepada masyarakat Banua maupun daerah-daerah lainnya. Adapun sebelum closing (Penutup sambutan) Kepala Dispersip Kalsel Hj Nurliani Dardie sempat  menangis terisak, karena kita teringat kenangan bersama sahabat yaitu Agustina Thamrin seorang Penyair Banjarbaru dan Penulis Buku Mantra Malam yang telah menemukan kita bersama Faisal Oddang di Seminar Internasional di Denpasar.

Hj Nurliani Dardie sempat  menangis terisak, karena kita teringat kenangan bersama sahabat yaitu Agustina Thamrin. “Semoga almarhumah bisa beristirahat dengan tenang disisi Tuhannya,”harapnya.

Ia mengucapkan terimakasih banyak kepada pihak yang telah mau berpartisipasi mengikuti acara Talkshow ini, baik dari narasumber yang mengisinya yaitu Faisal Oddang seorang penulis terkenal asal Sulawesi Selatan dan para peserta yang berhadir dan Moderator Harie Insani Putra.

Kita mengharapkan, Talkshow Virtual ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua.
Kegiatan Talkshow  “Kelas Menulis Cerita” ditujukan kepada pustakawan dan pemustaka yang ada di seluruh Indonesia serta siapa saja yang berminat untuk pembelajaran menulis. “Dengan kehadiran Ananda Faisal Oddang, bisa memberikan pencerahan kepada peserta bagaimana hayalan bisa dituangkan dalam bentuk tulisan,”ujar Bunda Nunung panggilan akrabnya, Selasa (4/8).

Sementara itu, Kepala Perpusnas RI Drs, Muhammad Syarif Bando, MM menyampaikan saya sangat terkesan dan sangat mengapresiasi dengan adanya Talkshow Virtual ini yang diadakan Dispersip Kalsel, bahkan acaranya terbilang sukses dan lancar. “Walaupun dalam suasana masih Pandemi Covid-19, program yang disusun ini, dapat terlaksana dengan baik, Luar Biasa Bunda Nunung,”terangnya.

Senada dengan Kepala Perpusnas RI Muhammad Syarif Bando, Dra. Titiek Kismiyati, M. Hum Pustakawan Utama Perpusnas RI, mengatakan juga, kita salut dan sangat senang atau gembira dengan acara Talkshow Virtual  ditahun 2020 karena masih dalam status Pandemi covid-19, mungkin acaranya dilakukan secara online atau lewat Aplikasi Zoom, yang diselenggarakan oleh pihak Dispersip Kalsel, baik menghadirkan Faisal Oddang dan Najwa Shihab, serta Ria Enes & Boneka Susan beberapa hari yang lalu. “Kita berharap kedepannya Dispersip Kalsel Terus tumbuhkan literasi masyarakat agar bangsa kita luas dalam ilmu pengetahuan baik itu umum dan agama,”katanya.

Sementara itu, Penulis Terkenal Faisal Oddang asal Sulawesi Selatan mengungkapkan untuk membuat sebuah cerita itu diperlukan tiga cara, yaitu yang pertama bentuk kejadiannya, Konfliknya dan konklusi (kesimpulan) dan alurnya dibuat sesuai dengan keinginan cerita yang dibuat penulis seperti apa karakternya yang hidup baik dari sifatnya dan fisiknya bagaimana dibangun misalnya sifatnya ada pemarah dalam adegan ceritanya atau pendiam. “Ini adalah bentuk pengembangan cerita agar kita bisa membuat cerpen maupun novel,” tuturnya.

Kemudian, ia membeberkan, alur ceritanya dibikin sesuai dengan pragrafnya dari awal sampai akhir atau menyambung kisahnya, dan teruslah mencari data  referensi buku, dan belajar dari pengalaman orang lain itu bisa juga dijadikan cerita. “Sebenarnya, kita semua baik peserta yang hadir dan bapak-bapak serta ibu-ibu yang ikut acara ini, bisa berpotensi jadi penulis, baik itu membuat cerpen atau novel serta puisi karena sudah punya tabungan pengalaman dulunya dan pengetahuan jadikanlah itu sebagai modal utama untuk bercerita dan tulislah,”tutupnya.

tajam.news