Semangat Sukseskan TMMD ke-110, Tim Dispersip Kalsel Sudah Berangkat Sehari Sebelum Pembukaan

Memberangkatkan mobil perpustakaan keliling (pusling) dan motor trail pustaka, Tim Pusling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) siap berpartisipasi dalam program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110.

Bertolak lebih awal dari Kota banjarmasin, tim ini membawa buku dan pendongeng menuju Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan Tabalong, guna menghadiri kegiatan yang dimulai pada tanggal 2 Maret 2021.

β€œIni kali pertama kita ikut dalam program pengabdian ini. Tim bersemangat hingga berangkat sehari sebelum kegiatan dimulai,” papar Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, melalui siaran persnya, Ahad (28/02/2021).

Kadispersip Kalsel
Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nuliani

Bahkan aksi sosial ini langsung ia pimpin bersama sekretarisnya, Muhammad Ramadhan, yang akan berpencar menuju dua kabupaten tersebut.

Partisipasi pihaknya ini, sebagai bentuk sinergi bersama Komando Resor Militer (Korem) 101/Antasari, guna meningkatkan minat baca pada masyarakat desa, perairan, dan pesisir. β€œ2/3 kekuatan armada pusling dan trail pustaka kita turunkan, sementara 1/3 tetap sepeti biasa berkeliling ke rumah tahanan, lembaga pemasyarakatan, dan panti-panti sosial,” tambah Kepala Dispersip Kalsel.

Diagendakan, tim ini akan mengajak dan menghibur dengan dongeng yang disertai badut, sekaligus mendekatkan buku kepada anak-anak. Upaya edukasi tersebut juga untuk menyadarkan masyarakat tentang pentingnya budaya baca sejak dini, sehingga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan wawasan yang luas.

Sumber:jurnalkalimantan.com