Sedaring Ke-27 Dispersip Kalsel Bakal Hadirkan Menko PMK RI

Sebagai upaya untuk terus meningkatkan pembangunan indeks literasi di Banua, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), dalam gelar wicaranya yang ke-27, akan menghadirkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Prof. Dr. Drs. H. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Kepastian ini disampaikan Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, melalui stafnya, Khusnul Khatimah, yang mendapat balasan langsung dari protokol kementerian, Kamis (22/04/2021).  “Berdasarkan laporan melalui aplikasi WhatsApp, kami diberitahu pak Menko dijadwalkan bisa mengisi pada Rabu 28 April, pukul 13.00 WIB (tentatif),” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, melalui siaran persnya.

Dalam kegiatan tersebut, Menteri yang diminta sebagai narasumber utama, bakal menyampaikan pemaparan yang mengangkat tema “Literasi Meningkatkan Kompetensi SDM”, melalui daring.  “Meski pandemi Covid-19, kita tetap harus berinovasi, tapi dengan cara aman, yakni melalui talk show virtual ini,” tambah Bunda Nunung, sapaan Kadispersip Kalsel.

Diagendakan dalam kegiatan ini, Menko akan ditemani narasumber lain, yakni Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, Syaripuddin, Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal Z.A., dan sebagai moderator, Ketua Program Studi Sosiologi ULM, Drs. H. Setia Budhi, M.Si., P.hd.

Setia Budhi menilai, langkah yang diambil Dispersip Kalsel ini bisa terus membawa semangat dalam membangun literasi Banua di tengah pandemi.  “Di tengah pandemi Covid-19, terutama ketika generasi muda dan anak-anak sekolah lebih banyak melakukan aktivitas di rumah, harusnya terjadi peningkatan minat membaca,” tandasnya, melalui WhatsApp.

Sebagai provinsi yang menempati pembangunan Indeks Literasi tertinggi di Indonesia pada tahun 2020, Dispersip Kalsel terus mengembangkan mempromosikan literasi, untuk peningkatan pengetahuan dan daya baca masyarakat.

Sumber:jurnalkalimantan.com