Satu-satunya SKPD Pemprov Kalsel, Dispersip Kalsel Raih Apresiasi Ombudsman RI

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan memperoleh apresiasi dari Ombudsman RI Perwakilan Kalsel, memperingati Hari Jadi ke-20 Ombudsman RI yang digelar di Plaza Smartcity Lantai 3 Menara Pandang, Banjarmasin, Selasa (10/3/2020).

Dispersip Kalsel menjadi satu-satunya satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel yang memperoleh apresiasi ini.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalsel Noorhalis Majid mengungkapkan, inovasi pelayanan menjadi tolak ukur bagi Dispersip Kalsel sehingga layak memperoleh apresiasi. Yaitu sistem pendaftaran keanggotaan perpustakaan secara online, Online Public Access Catalogue, satu pintu pencarian melalui ios.kalselprov.go.id, layanan iKalsel, hingga Perpustakaan Anak atau Kids Library.

“Transformasi tampilan Perpustakaan Palnam dibuat nyaman dan menarik, ditambah dengan inovasi perpustakaan keliling baik menggunakan mobil maupun trail. Ini sangat inovatif dalam mendorong minat baca di Kalsel,” kata Majid.

Sementara itu, Kepala Dispersip Kalsel dra Hj Nurliani Dardie mengaku bersyukur dengan diberikannya apresiasi oleh Ombudsman RI Kalsel kepada instansinya. Tentunya, ini tak lepas dari upaya yang dilakukan olehnya bersama jajaran Dispersip Kalsel. Mulai dari sekretaris, kepala bidang, kepala seksi, staf, pustakawan hingga tenaga kontrak bahkan petugas cleaning service.

“Kami hanya melakukan apa yang mesti kami lakukan. Jadi, sudah menjadi tugas pokok dan fungsi kami dalam memberikan pelayanan publik yang sebaik-baiknya di bidang perpustakaan dan kearsipan,” kata Bunda Nunung -biasa sapaan-.

Kendati memperoleh apresiasi, Bunda Nunung mengakui capaian yang ada saat ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, ia menjamin Dispersip Kalsel akan terus berbenah dan berinovasi untuk dapat meningkatkan minat baca di Kalsel.

“Apa yang masih kurang, kami lengkapi. Apa yang sudah baik kami tingkatkan,  atau minimal kami pertahankan. Syukur-syukur kalau kami menerima apresiasi,” ungkapnya.

kanalkalimantan.com