Satu Keluarga Berwisata Literasi ke Kids Library Palnam

Kemampuan berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan seperti kemampuan membaca dan menulis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang. Perkembangan literasi pada anak sangat berhubungan erat dengan kemampuan berbahasa atau berkomunikasi  baik secara lisan maupun tulisan, seperti kemampuan membaca dan menulis yang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap orang.

Tetapi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis saja melainkan Komunikasi untuk memenuhi fungsi pertukaran pikiran dan perasaan. Menurut Harlock (1978, hal.178) terdapat dua unsur penting dalam berkomunikasi pada anak usia dini. Pertama, anak harus menggunakan bentuk bahasa yang bermakna bagi orang yang mereka ajak komunikasi. Kedua, dalam berkomunikasi anak harus memahami bahasa yang digunakan orang lain, sehingga kemampuan berbicara mempengaruhi penyesuaian sosial dan pribadi anak.Salah satu pengunjung setia kids library bernama Muhammad Keenan Melviano Pratama atau sapaan akrabnya adik Keenan, yang mana pada hari ini Minggu 30 Mei 2021 di dampingi oleh kedua orangtuanya dan kakaknya yang sedang asyik bermain sambil membaca buku dan menikmati fasilitas yang ada di perpustakaan anak atau kids library. Kunjungan itu pun merupakan kunjungan rutin yang di prioritaskan oleh mbak lulu selaku ibunda dari adik keenan dalam satu bulan sekali ke perpustakaan anak-anak di perpuspalnam , yang mana mereka berasal dari warga Jl.Mawar Utara No.12 Kelurahan Komet Kecamatan Banjarbaru Utara.

Walaupun jarak lumayan cukup jauh dari Banjarbaru ke Pal 6 Banjarmasin, tidak menurunkan semangat orangtua Keenan yang datang  bersama saudara sepupunya serta tantenya untuk mendekatkan anak-anak dengan dunia literasi . Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimatan Hj Dra Nurliani Dardie M.AP,  biasa disapa Bunda Nunung mengatakan, kemampuan literasi atau kemampuan berkomunikasi pada anak akan mempengaruhi perkembangan sosial, emosi dan perkembangan kognitifnya (Harlock, 1978,hal.178). ada banyak manfaat yang aka didapatkan jika mengembangkan kemampuan literasi anak sejak dini, seperti Jika anak mampu berkomunikasi dengan lingkungan sekitar maka akan tumbuh kepercayaan diri dan mampu bersosialisasi atau bisa diterima di lingkungannya, dan tentunya mempengaruhi penyesuaian sosial dan pribadi anak yang berdampaak pula pada perkembangan emosi dan kognitifnya, jelasnya.

Kenapa penting untuk menumbuhkan kemampuan literasi anak sejak dini ? karna kemampuan literasi anak tersebut dapat menjadi modal untuknya menghadapi dunia dimasa yang akan datang. Dapat mengembangkan kemampuan dasar anak dalam menulis, membaca dn berhitung, dapat mempersiapkan anak dalam memasuki dunia sekolah. bukan hanya itu saja, mengembangkan kemampuan literasi ank sejak dini juga dapat mengembangkan kemampuannya dalam berfikir kritis dan logis dalam menghadapi berbagai situasi.

Semakin tinggi kemampuan literasinya maka akan membuatnya mudah dalam menerima serta mengolah informasi yang akan membantunya dalam menyimpulkan sera memecahkan masalah dari informasi yang ia terima, pungkasnya.

liputan4.com