Sambut Hari Buku Nasional, Dispersip Kalsel Tegaskan Orang Tua Serta Pendidik Harus Ikut Serta Dalam Membentuk Pola Fikir Dan Tumbuh Kembang Anak

Memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh di tahun 2020, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan, Nurliani Dardi mengimbau kepada para orang tua agar lebih aktif dalam berperan meningkatkan kecerdesan pola fikir anak dengan mendekatkan buku kepada anak sejak usia dini. Bunda Nunung mengatakan, peran orang tua dalam membentuk pola cerdas pemikiran sang anak, sangat penting dalam pembentukan karakter dan minat baca anak.

Agar semua dapat terlaksanakan dan dapat di terapkan Bunda Nunung menyampaikan, untuk menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini, orang tua bisa meletakkan buku-buku berwarna dan bergambar yang mencolok di dekat anak agar anak dapat tertarik dengan warna yang dia sukai ujarnya. “Letakan mainan mereka, dan berbagai macam buku seperti dongeng dan lainnya nanti biar anak-anak lah yang memilihnya dengan sendirinya,” maksud Nunung, Sabtu (16/5).

Ditambahkan oleh Nunung, peran keluarga, lingkungan, serta dunia pendidikan sudah pasti menjadi faktor penting dalam membentuk karakter dan minat baca anak usia dini. Lebih jauh Bunda Nunung mengatakan, dengan banyak membaca mampu menjadikan seseorang lebih berkualitas dan diperhitungkan dalam kehidupan sosial. “Entah apa titel dan jabatan kita, jika kita ingin diperhitungkan maka kita harus punya kualitas yang lebih atau diatas rata-rata. Untuk menjadi berkualitas yang lebih itu kita harus banyak membaca,”  Pungkasnya.

infobanua.co.id