Sambut Akhir Tahun, Pusling Palnam Sambangi Tiga Lapas di Kalsel Ini

Ada yang beda dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalsel yang terletak di kilometer 6 Banjarmasin (Palnam) dalam menyambut tahun baru 2020.

Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling) Palnam berakhir tahun dengan mendatangi Lembaga Pemasyarakatan Pelaihari,Tanah Laut dan Batola.

“Hari ini (Senin), Pusling Palnam) mendatangi di LP tersebut dengan membawa dua mobil berisi ratusan buku bacaan,” kata Hj Nurliani Dardie, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsin Kalsel, Senin (30/12/2019).

Bunda Nunung, panggilan akrab Nurliani menambahkan, di hari Selasa, mengunjungi LP Teluk Dalam Banjarmasin dan LP Banjarbaru dan ikut bersama staffnya melayani warga binaan LP untuk mencari buku bacaan.

“Sejak saya menjabat sebagai PLT Dinas Perpustakaan Kalsel, Mei 2016 hingga menjabat definitif, saya telah membuat program mobil Pusling mengunjungi LP hingga menjabat definitif,” tandasnya.

 

Menurut Bunda Nunung, dengan kedatangan Pusling secara rutin ke LP, agar warga binaan memanfaatkan waktu dengan kegiatan positif, menambah ilmu pengetahun dan wawasan keilmuan melalui membaca buku.

“Juga sebagai bekal mereka kelak jika mereka sudah selesai menjadi warga binaan LP,” ungkapnya.

Ditambahkan dia, sebagai warga negara, mereka punya hak yang sama terhadap akses layanan perpustakaan. Meski tidak sembarang orang boleh masuk ke lingkungan LP. Ada prosedur tertentu yang harus dilalui.

“Tapi berkat kerja sama yang baik dengan Kemenkum HAM Kalsel,” papar Bunda Nunung.

Ini semuanya, kata dia, Alhamdulillah Dispersip Provinsi Kalsel masih menjalin MoU dengan Kemenkum HAM Kalsel sejak beberapa tahun lalu.

banjarmasin.tribunnews.com