Sambangi MI Darul Huda Mataraman, Pusling Palnam Disambut Meriah Siswa

Perpustakaan Keliling (Pusling) yang dioperasikan oleh Dispersip Provinsi Kalsel terus menyambangi berbagai daerah yang sulit dijangkau. Kali ini, MI Darul Huda di Kecamatan Mataraman Kabupaten Banjar, disambangi oleh Pusling Palnam pada Selasa (28/1/2020) pagi.

Bendahara MI Darul Huda Lidiawati mengungkapkan, keberadaan perpustakaan keliling ini sangat bagus. Karena, merupakan suatu upaya yang dibentuk untuk meningkatkan minat baca, terlebih untuk siswanya yang menimba ilmu di MI Darul Huda.

“Menurut kami merupakan suatu usaha yang d bentuk untuk meningkatkan minat pembaca  khususnya di daerah pedesaan seperti kami yang rendahnya minat membaca saat ini,” kata Lidiawati.

Dirinya berharap banyak untuk Pusling, agar lebih ditingkatkan lagi pelayanannya. Karena, menurut saya akan dapat menarik minat pembaca. “Diharapkan agar pusling tersebar ke seluruh pelosok desa,” tuturnya.

 

 

Sementara, Kepala Dispersip Provinsi Kalsel Hj. Nurliani mengatakan, di tahun 2021 Dispersip Provinsi Kalsel akan lebih banyak mengerahkan armada Pusling Palnam ke berbagai madrasah, pondok pesantren dan panti-panti. “Kecuali sekolah umum daerah pinggiran yang sangat jauh,” katanya.

Ini sesuai dengan permintaan Komisi IV DPRD Provisi Kalsel yang merupakan mitra kerja Dispersip Provinsi Kalsel, yang mengharapkan Pusling Palnam diterjunkan ke pondok pesantren sesuai dengan Perda Pemberdayaan  Ponpes dan Sekolah Keagamaan. (Kanalkalimantan.com/fikri