Ribuan Peserta Bakal Ikuti Sedaring Penyelamatan Arsip Pascabencana

Gelaran sosialisasi penyelamatan arsip pascabencana, yang menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), bakal dikuti ribuan peserta, yang terlihat dari banyaknya jumlah pendaftar hingga saat ini.

Sedikitnya terdapat 1174 pendaftar yang telah diterima panitia pelaksan hingga Senin (08/03/2021), yang diprediksi terus bertambah, mengingat waktu pelaksanaannya masih lama, yakni pada Rabu (17/03/2021).

Selain itu, kegiatan yang digelar melalui dalam jaringan ini merupakan sedaring yang ke sekian kalinya dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), sebagai bentuk hadirnya perpustakaan yang memberikan pengetahuan. “Alhamdulilah, ini gelaran seminar dalam jaringan yang ke-24 di masa pandemi Covid-19. Kami tidak berhenti melakukan gebrakan, yang memang saya nilai inovasi kami banyak ditunggu masyarakat,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, saat dihubungi melalui WhatsApp.

Acara ini dinilainya sangat urgen, untuk merespon musibah banjir beberapa waktu lalu, karena mengancam hilang atau rusaknya arsip. Ia berharap, gelaran ini juga dapat mengantisipasi kejadian serupa di kemudian hari, karena arsip merupakan aset berharga bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Seminar ini dapat di ikuti melalui aplikasi Zoom Meeting, dengan mendaftarkan diri melalui tautan http://bit.ly/arsip-pasca-bencana dan melalui media sosial YouTube Dispersip Kalsel.

Sumber:jurnalkalimantan.com