Pustakawan Perpustakaan Palnam Jadi Badut dan Datangi Sekolah di Balangan untuk Tarik Minat Baca

Dua badut yang merupakan Pustakawan Dinas Perpustakaan Provinsi Kalsel kunjungi sejumlah sekolah di Kecamatan Lampihong sejak Selasa (19/11/2019) hingga Rabu (20/11/2019) kemaren.

Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan dengan Dinas Perpustakaan Provinsi Kalsel untuk meningkatkan minat baca siswa di sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan Kabupaten Balangan, Mahyudi mengatakan, melalui program keliling sekolah dan dihibur dua badut, menjadi satu upaya Dinas Perpustakaan untuk memberikan daya tarik membaca kepada para pelajar.

“Melalui kegiatan pelayanan terpadu perpustakaan keliling ini diharapkan bisa lebih meningkatkan keinginan membaca pada siswa,” ucap Mahyudi, Kamis (21/11/2019).

Ia menerangkan, dari dua hari di sekolah tersebut, ada enam sekolah yang di kunjungi. Hari pertama yakni MAN 1 Balangan, MTSN 4 Balangan dan MIN 6 Balangan. Kemudian belanjut hari kedua di Kecamatan Juai, yakni SMAN 1 Juai, SMPN 1 Juai dan SDN Mungkur Uyam.

Antusias siswa nampak terlihat pada kegiatan tersebut. Secara bergantian, mereka menyerbu mobil perpustakaan keliling yang datang ke sekolah. Terlebih ada banyak buku yang disediakan, sehingga para siswa bisa memilih bahan bacaan yang mereka ingin.

Selain untuk siswa dan masyarakat, rupanya moment tersebut juga sekaligus ajang bagi Pustawakan Kabupaten Balangan untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Khususnya di bidang kepustakaan bersama Pustawakan Provinsi Kalsel.

“Pustakawan kami sekaligus belajar mengenai tata cara dongeng bercerita, inovasi kepustakaan dan lainnya,” ucap Mahyudi.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut, dan adanya saling berbagi informasi, maka pelayanan perpustakaan di Kabupaten Balangan dapat ditingkatkan dan semakin maju.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)