Pustakawan dan Pegiat Literasi Dalam serta Luar Kalimantan Antusias Sambut Sedaring Dispersip Kalsel Bersama Kapolda

Gelaran seminar dalam jaringan (sedaring) ke-25 yang bakal menghadirkan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Kalimantan Selatan (Kalsel), Irjen. Pol. Drs. Rikwanto, S.H., M Hum., mendapat banyak apresiasi dan sambutan antusias dari para pegiat literasi di Kalsel dan luar Pulau Kalimantan.

Seperti halnya Pustakawan Ahli Utama dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Dra. Titiek Kismiyati, M.Hum., yang menilai topik tentang “Promosi Minat Baca dan Kecerdasan Literasi”, adalah tema yg selalu menarik untuk dibahas, dan lebih menarik lagi karena menghadirkan narasumber Kapolda, yang sehari-hari lebih banyak sibuk menangani masalah keamanan dan ketertiban.

“Saya dan para peserta webinar pasti sangat antusias ingin mendengarkan paparan beliau tentang minat baca dan literasi. Apresiasi sekali kepada Bapak Kapolda yg berkenan meluangkan waktunya untuk membahas tentang topik ini,” ungkapnya melalui WhatsApp, Selasa (16/03/2021).

Hal serupa juga disampaikan Mahpudi, M.T., Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia Jawa Barat, yang memberikan jempol terhadap gelaran Dispersip Kalsel, karena tak kenal henti mempromosikan minat baca dengan melibatkan publik figur yang jadi panutan seperti Kapolda Kalsel.  “Acara yang inspiratif dan semoga memotivasi warga, khususnya Kalsel untuk makin banyak membaca dan menulis, terutama di masa pandemi Covid-19 ini,” harapnya.

Penulis dan Dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat, Ahmad Fikri Hadin, juga memberikan pujian terhadap kinerja salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Kalsel ini, yang gencar dan selalu melakukan gebrakan.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, merasa bersyukur atas kesediaan Kapolda Kalsel, yang dapat memenuhi permintaanya untuk mengisi seminar, guna memberikan motivasi dan semangat kepada para penulis, pegiat literasi, masyarakat umum, hingga para pemuda, agar dapat meningkatkan dan menggaungkan minat baca dan literasi di Banua.  “Sudah barang tentu saya sangat berterima kasih atas kesediaan beliau merespon permintaan kami, dan kami mendapat kepastian tersebut dari Bapak AKBP Ernesto Saiser, sebagai Koorspripim Polda Kalsel,” tulisnya melalui siaran pers, Senin (15/03/2021).

Sedaring ini diagendakan bakal berlangsung pukul 10.00 WITA pada hari Selasa (06/04/2021), yang dapat diikuti melalui zoom meeting, dengan mendaftarkan diri melalui tautan http://bit.ly/promosi-minat-baca dan melalui kanal YouTube Dispersip Kalsel.

Sumber:jurnalkalimantan.com