Pusling Palnam Tingkatkan Minat Baca Siswa dan Siswi PSBR Banjarbaru

Selain melayani masyarakat melalui perpustakaan umum, Bidang Pelayanan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di tengah pandemi ini juga tetap gencar memberikan pelayanan perpustakaan keliling (pusling) dengan mendatangi berbagai lokasi, seperti ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) Budi Satria, di Landasan Ulin, Banjarbaru, Senin (05/10/2020).

Menggunakan mobil perpustakaan yang membawa ratusan bahan bacaan, pusling milik Dispersip Kalsel ini selalu disambut antusias peserta didik PSBR untuk mencari dan membaca buku.

Selain sebagai program rutin, kunjungan ini juga sebagai upaya maksimal Dispersip Kalsel untuk mendekatkan buku kepada masyarakat, terlebih kepada generasi muda, agar dapat menambah pengetahuan mereka.

Sementara pihak PSBR menilai, layanan pusling ini sangat membantu untuk meningkatkan minat membaca siswa/siswinya, guna memperdalam dan memperluas ilmu pengetahuan yang didapat. “Harapan kami, mudah-mudahan layanan ini terus berlanjut, kalau bisa seminggu sekali datang ke tempat kami, untuk meningkatkan minat baca siswa/siswi kami”, ungkap Muhammad Mulkani, pegawai administrasi perpustakaan PSBR Budi Satria.

Selain dituntut untuk terus menambah pengetahuan, 113 siwa/siswi PSBR ini juga diberikan pendidikan dan pelatihan selama 6 bulan sesuai keahlian, seperti menjahit, otomotif, bengkel dan elektronik. Kegiatan ini dilaksanakan dua kali dalam setahun, berdasarkan kuota yang ditetapkan Pemerintah Provinsi Kalsel.

jurnalkalimantan.com