Pusling Dispersip Sambangi Lapas

Setelah tempat pembinaan anak di Martapura, kemudian Rutan Pelaihari dan Marabahan, giliran Lapas Kelas IIB Banjarbaru yang disambangi perpustakaan Keliling (pusling), Senin (29/6). Kunjungan pusling merupakan salah satu inonasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalsel untuk menumbuhkan minat baca warga binaan.

Di Lapas Klas IIB Banjarbaru, dispersip diwakili Kepala Bidang Pelayanan dan Pembinaan Perpustakaan, Wildan Akhyar, yang membawa 2 bus penuh buku. “Ini adalah salah satu komitmen dispersip untuk terus memberikan layanan perpustakaan. Juga dalam mewujudkan prioritas pembangunan, yaitu Kalsel Cerdas,” jelas Wildan.

Dalam pusling sambang kali ini, sedikitnya meminjamkan lebih dari 300 buku. Buku-buku akan diganti setiap waktu kunjungan pusling agar warga di LP Banjarbaru tidak bosan.

Menurut Kasi Binadik LP Kelas IIB Banjarbaru, Hardiyanto, minat baca di lapas cukup baik. Namun belum memiliki ruang perpustakaan sendiri, selain pojok baca di dekat musholla. “Karena itu kami meminta bantuan dispersip terkait pembangunan dan pengelolaan perputakaan LP ini,” ujar Hardiyanto

Di Lapas Klas IIB Banjarbaru, lanjutnya, terdapat 1.700-an warga binaan. Padahal kapasitasnya hanya 700-an. “Kelebihan kapasitas sekitar 200 persen. Padahal sudah ada yang mendapatkan program asimilasi pada April lalu sekitar 281 orang,” imbuhnya.

banuapost.co.id