Pusling Dispersip Layani Minat Baca Binaan LP Teluk Dalam

Dorong minat baca warga binaan, perpustakaan keliling (pusling) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, sambangi lembaga pemasyarakatan. Jika sebelumnya ke Martapura, Batola, Palaihari dan Banjarbaru, kali ini ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Teluk Dalam di kawasan Jl Mayen Sutoyo S, Banjarmasin Barat, Selasa (30/6).

Dalam kunjungan ini, Dispersip Kalsel menurunkan dua unit armada puslingnya, dengan membawa sedikitnya 220 buku untuk dipinjamkan ke tempat pembinaan warga yang kesandung hukum itu. “Ini bentuk kerja sama antara Dispersip Kalsel dengan LP Kelas IIA Banjarmasin. Sudah terjalin lama.” ucap Kepala Seksi Pembinaan & Pendidikan (Kasi Binadik) LP Teluk Dalam, Bambang Hari Widodo.

Dengan adanya pusling ini juga, sambung Bambang, membantu para warga binaan tetap terjaga ilmu pengetahuannya. “Bukan berarti mereka disini menjadi tidak tahu bagaimana dunia luar. Dengan buku setidaknya mereka jadi tahu bagaimana era sekarang ini,” imbuhnya.

Minat baca warga binaan di lapas inipun, lanjut Bambang, terbilang baik. Terutama buku-buku keagamaan yang banyak peminatnya. Disinggung soal perpustakaan di LP yang sekarang dipimpin Portman Siregar ini, diakui Bambang, sudah ada. “Ada perpustakaan, biar waktu mereka dalam menjalani masa tahanan jadi bermanfaat. Apalagi ditambah buku-buku baru dari pusling,” tandasnya.

Lapas Kelas IIA yang berdiri sejak 1947 ini, dihuni sebanyak 2.430 warga binaan. Padahal kapasitasnya, 700-an orang saja.

banuapost.co.id