Protokol Kesehatan di Perpustakaan Harus DIjalankan, DPRD Kalsel Lakukan Pemantauan

 

Perpustakaan Daerah Kalsel sudah menyiapkan standar operasional pelayanan bagi para pengunjung di tengah adanya wacana pemerintah menerapkan new normal di masa pandemi Covid-19. Kendati sudah menyiapkan standar operasional prosedur, Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (DISPERSIP) Kalsel masih menunggu kabar dari Pemprov Kalsel untuk dapat kembali beroperasi.

Dalam memastikan kesiapan perpustakaan kembali beroperasi, Wakil Ketua DPRD Kalsel Muhammad Syaripuddin mengunjungi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel Di Jalan Achmad Yani, KM 6 Banjarmasin.

Syaripuddin mengaku kagum atas pelayanan dan fasilitas yang ada di perpustakaan dinilainya cukup bersih dan nyaman bagi pengunjung. Apalagi dengan diterapkannya protokol kesehatan yang ada, tentunya makin terjamin. “Alhamdulillah kondisi di perpustakaan di Kalsel termasuk nyaman. Disini pihak perpustakaan menjalankan protokol kesehatan dengan benar. Kendati demikian, kami berharap nantinya disiapkan petugas medis di kawasan Perpustakaan untuk berjaga,” kata Wakil DPRD Kalsel  Muhammad Syaripuddin.

Sementara itu, Sekretaris Dispersip Kalsel Muhammad Ramadhana menyatakan protokol kesehatan akan di jalankan jika nantinya perpustakaan dibuka kembali. Misalnya seperti menerapkan wajib bermasker, mencuci tangan hingga pengecekan suhu tubuh pengunjung. Tak hanya itu, agar tidak terjadi penumpukan di ruang baca, pengunjung akan diarahkan petugas untuk meminjam dengan membawa pulang atau bisa dibaca disekitar ruang baca perpustakaan namun dengan menerapkan jarak duduk pembaca. “Diharapkan jika layanan perpustakaan dibuka pada saat ditentukan masyarakat pengunjung dan karyawan sudah melaksanakan protokol yang disepakati,” pungkasnya.

www.kompas.tv