Promosi Gemar Membaca, Dispersip Kalsel Pijamkan Buku ke Perpustakaan Desa

Selain meminjam-pakaikan buku bacaan ke berbagai perpustakaan di banyak instansi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispsersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) juga menyasar perpustakaan desa.

Seperti halnya di Desa Malintang, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, ratusan buku diantar, guna medekatkan buku ke masyarakat. Peminjaman buku ini telah sesuai amanat Undang-undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, yang tertuang dalam pasal 8, terkait kewajiban pemerintah daerah untuk menjamin kelangsungan penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan, sebagai pusat sumber belajar masyarakat dan penggalakan promosi gemar membaca.

Dispersip Kalsel

“Ini sebagai stimulus, selanjutnya kita persilakan pemerintah desa menganggarkan pembelian buku atau pengembangan dan pembangunan perpustakaan dari dana desa, tentu dengan mekanisme yang telah sesuai atau melalui musyawarah desa,” papar Kepala Dispersip Kalsel, Hj. Nurliani, melalui whatsapp, Senin (22/02/2021).

Bantuan pinjaman bahan bacaan ini turut disambut syukur warga desa, untuk menambah pengetahuan mereka. “Alhamdulillah, terima kasih, ini sangat bermanfaat untuk warga di sini,” ungkap H. Hamidan Noor, S.Ag., Pambakal Malintang, usai menerima buku. Bahan bacaan dari Perpustakaan Pemerintah Provinsi Kalsel ini akan diganti secara berkesinambungan, guna menambah minat baca masyarakat.

sumber:jurnalkalimantan.com