Program Dispersip Kalsel 2021 Diawali Dengan Layanan Terpadu Perpustakaan Desa

Program awal tahun Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Dispersip) Provinsi Kalsel dengan Wisata Literasi dan Pengabdian Masyarakat tujuan desa Belangian dimulai pada 28-30 Januari 2021.

Dalam program wisata literasi dan pengabdian masyarakat akan bekerjasama dengan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB), TNI, POLRI, serta media massa.

Kepala Dispersip Kalsel, Drs Hj Nurliani Dardie, mengatakan program wisata loterasi dan pengabdian masyarakat upaya meningkatkan minat baca masyarakat yang akan pihaknya gencarkan kembali di era digital ini. “Pada program ini Dispersip Kalsel akan meminjamkan buku ke Desa Belangian, program terbaru ini di namakan Layanan Terpadu Perpustakaan Desa,” jelasnya saat ditemui diruangannya, Rabu (13/1/2021) siang.

Bunda Nunung sapaan akrabnya, meungkapkan program ini bentuk nyata upaya Pemprov Kalsel mendekatkan buku kepada masyarakat. Terlebih masyarakat desa perairan dan pesisir, yang sulit untuk mendapatkan buku ataupun akses pengetahuan melalui jaringan internet. “Saya berharap dalam pandemi seperti ini minat baca masyarakat tidak menurun,” harapnya.

Lanjut, disebabkan lokasi yang jauh dari perkotaan Dispersip Kalsel akan membawa buku dengan sepeda motor Trail Pustaka yang dibantu TNI/Polri, yang terlebih dahulu akan melewati waduk Riam Kanan dengan kelotok.

Diketahui, Bunda Nunung adalah salah satu pejabat perempuan Pemprov yang mempunyai dedikasi tinggi untuk mengabdikan dirinya dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat dengan gencar, hal ini terbukti dengan program-program Dispersip sebelumnya.

headline9.com