Perpustakaan RS H Badaruddin Dapat Bantuan Seribu Buku

Layanan perpustakaan tidak melulu di lingkungan pendidikan saja tapi sudah merambah kemana-mana. Mulai perkantoran, lembaga pemasyarakatan (Lapas) hingga rumah sakit. Salah satunya adalah Perpustakaan RSUD H Badaruddin Tanjung.

Untuk mendukung layanan perpustakaan rumah sakit ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menghibahkan ribuan eksemplar buku, Senin (6/7). “Seribu eksemplar buku dengan 500 judul serta dua rak buku kita hibahkan ke Perpustakaan  RS di Tanjung,” ungkap Kadispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie.

Hibah buku ini setelah pengajuan permohonan hibah yang diusulkan disetujui pada tahun ini. “Surat Nomor : 1852/4.1/PPM.00.01/VI.2020 tanggal 22 Juni 2020 ditandatangani Deni Kurniadi, M.Hum selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Peningkatan Minat Baca Perpusnas RI,” jelasnya.

Bunda Nunung—panggilannya–menjelaskan program Perpustakaan RS sudah menjadi prioritas di Tahun anggaran 2019 lalu. Dispersip memberikan bimbingan kepada beberapa pengelola atau pustakawan di RS untuk mengembangkan layanan perpustakaan. Ini untuk menunjang RS bukan hanya sebagai tempat pelayanan pasien yang berobat namun dapat menjadikan RS sebagai wahana pembelajaran, baik untuk masyarakat maupun pegawai di lingkungan rumah sakit. “Tujuannya meningkatkan kualitas SDM di lingkungan rumah sakit,” jelasnya.

Keberadaan perpustakaan rumah sakit bisa dijadikan sebagai ajang pembelajaran dan pelatihan keterampilan yang sesuai dengan kondisi budaya dan sosial masyarakat sekitarnya. “Ujungnya kita tentu berharap dapat meningkatkan minat baca,” cetusnya.    

www.reportasekalimantan.com