Perpustakaan Palnam Tempat Yang Nyaman Untuk Belajar

Perpustakaan Palnam di bawah naungan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di tengah pandemi covid-19 ini, tetap ramai dikunjungi pemustaka, dari mulai mencari buku hingga berwisata literasi.

Salah seorang pengunjung mengaku senang ke perpustakaan ini untuk mencari bahan belajar dan tugas kuliah, terlebih tempatnya dinilai nyaman dan lengkap. “Fasilitasnya sangat enak, dalam penerapan protokol kesehatan sangat dijaga, apalagi suasananya hening, enak untuk mengerjakan tugas,” ucap Yuliandi Hidayat, mahasiswa Universitas Islam Negeri Antasari.

Dibuka sejak Juli 2020 lalu, usai sempat tutup akibat wabah virus corona, kini perpustakaan umum di Jalan Jenderal Ahmad Yani Kilometer 6 Banjarmasin tersebut, hampir setiap hari ramai pengunjung, mulai dari yang ingin mencari bahan pembelajaran hingga membawa anak.

Salah satu ruang baca di perpustakaan umum
Salah satu ruang baca di perpustakaan umum

Setiap pengunjung yang datang selalu diinstruksikan menerapkan protokol kesehatan, dari mulai mencuci tangan, diperiksa suhu tubuh, hingga diberikan tanda untuk menjaga jarak di setiap tempat duduk.

Selain itu, pembatasan pemustaka juga diberlakukan, dengan hanya menerima maksimal 100 orang per hari. Ketika dilihat pengunjung mulai banyak di salah satu ruang, sebagiannya diminta untuk menyebar ke berbagai pojok dan taman baca yang telah disediakan.  “Bahkan masyarakat malah meminta layanan kami diperpanjang, terutama saat akhir pekan, yang biasanya kami buka pukul 09.00—13.00 WITA, sekarang atas permintaan pengunjung, kami perpanjang sampai pukul 17.00 WITA,” ungkap Kepala Dispersip Kalsel, Dra. Hj. Nurliani, M.A.P., saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (07/04/2021).

Perpustakaan milik Pemerintah Provinsi Kalsel ini, selain mempunyai bahan bacaan untuk umum, juga memiliki perpustakaan anak di gedung yang sama, dengan tempat yang luas, nyaman, dan rapi, hingga dapat menjadi tempat wisata literasi bagi keluarga.

Sumber:jurnalkalimantan.com