Perpustakaan Palnam Sudah Sepekan Kebanjiran

Perpustakaan anak (kids library) yang berada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Selatan, sudah satu pekan terakhir direndam air. Tinggi genangan air semata kaki orang dewasa.

Menurut Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, banjir merendam area kantornya. “Sudah lebih seminggu Palnam terendam, mulai dari play ground, kids library, musala, gedung pengolahan dan pembinaan, aula, rumah deposit, kantin, modin operasinal hingga 8 unit pusling,” kata Nurliani Dardie, Sabtu (23/1/2021).

Koleksi buku di Kids Library Perpustakaan Palnam terpaksa dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi.

Pegawai Dispersip Kalsel pada 17 Januari lalu, sudah mengangkat semua buku-buku serta komputer di ruang baca anak-anak tersebut. Entah berapa jumlah buku yang diangkut.

“Sudah dievakuasi semuanya, jumlahnya puluhan ribu judul,” tutur Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie. Ia tak mau ambil risiko karena debit air tak bisa diprediksi.

Selain buku-buku di kids library, buku-buku di ruang lainnya juga dievakuasi ke tempat aman. Halaman perpustakaan daerah di Jalan Ahmad Yani kilometer 6 (palnam) itu, masih digenangi air pada Sabtu (23/1).

Posisi kids library berada di lantai bawah. Genangan pun sudah berdampak ke aula dan kantor di lantai dasar. Air juga masih merendam permukiman dan jalan raya di Kota Banjarmasin, sejak banjir pada Kamis pekan lalu.

Sumber : banjarhits.com