Perpustakaan Palnam Ditutup Sementara, Ayo Akses Perpustakaan Digital iKalsel, Masih Bisa Baca Buku

Menyusul kasus pertama positif corona atau Covid-19 di Kalimantan Selatan pada Minggu (22/3/2020), mengharuskan Pemprov Kalsel melakukan protokol tanggap darurat. Tentunya, berdampak pula pada pelayanan publik, salah satunya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel.

Terhitung mulai Minggu (22/3/2020), Dispersip Kalsel memutuskan untuk menutup sementara layanan peminjaman buku maupun yang lainnya. “Betul sekali, langkah ini diambil untuk menghindari tatap muka di Perpustakaan Palnam, sehingga layanan ditutup sementara,” kata Kepala Dispersip Kalsel dra Hj Nurliani Dardie, Minggu (22/3/2020) malam.

Sebagai gantinya, pengunjung Perpustakaan Palnam dapat membaca buku pada layanan perpustakaan digital Palnam. Pemustaka atau pengunjung Perpustakaan Palnam bisa beralih ke layanan perpustakaan digital yakni iKalsel maupun iPusnas.

“Diharapkan para pemustaka atau peminat baca bisa di Kalsel mengurangi aktivitas di luar rumah dengan membaca buku melalui fasilitas iKalsel dan iPusnas yang sudah tersedia selain e-book lainnya di android masing-masing secara gratis,” pungkas Bunda Nunung, sapaan akrabnya.

Di samping menutup sementara Perpustakaan Palnam, Dispersip Kalsel juga memutuskan untuk menunda dua kegiatan yang akan digelar di Perpustakaan Palnam. Yaitu Meet and Greet Faisal Odang yang rencananya diselenggarakan Dispersip Kalsel di Perpustakaan Palnam pada tanggal 1 dan 2 April 2020 serta Andi Arsyil Rahman pada tanggal 6 April 2020.

kanalkalimantan.com